Senat UHO Mulai Godok Aturan Pemilihan Rektor

Takdir Saili
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak lama lagi bakal menggelar pemilihan rektor. Pasalnya jabatan Muh Zamrun Firihu sebagai rektor berakhir tahun 2021 ini.

“Masa tugas Rektor UHO Muh Zamrun Firihu akan berakhir, maka sesuai aturan sebelum berakhir masa jabatannya harus diadakan pemilihan rektor,” kata Ketua Senat UHO Kendari Takdir Saili, Kamis 21 Januari 2021.

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) nomor 21 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri.

Kemudian, Takdir Saili mengatakan, pihaknya bakal menerbitkan aturan Senat untuk pemilihan rektor yang akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan universitas. Salah satu syarat calon Rektor UHO berkepangkatan dan berpendidikan doktor.

Menurut Takdir, terdapat tiga tahapan pemilihan rektor yang harus dilalui bakal calon. Yakni, penjaringan, penyaringan, dan terkahir pemilihan.

“Untuk saat ini sedang di buat pemilihan rektor tahap penjaringan. Dilakukan minimal atau paling lambat 5 bulan sebelum massa berakhirnya masa jabatan rektor saat ini,” jelasnya.

Untuk tahap penyaringan, membacakan visi dan misi dan tahap pemilihan 35 persen dari menteri dan 65 persen dari senat UHO.

“Untuk pemilihan ini Menteri akan datang memilih dan suaranya dinilai 35 persen dari total suara sedangkan senat 65 persen,” jelasnya.

Pemilihan rektor tahun ini akan diadakan secara gabungan antara virtual (daring) dan tatap muka secara langsung.

“Kita berharap dalam pemilihan rektor baru yang akan datang ini jangan lagi ada hambatan seperti tahun lalu karena ada protes kiri kanan. Semoga untuk tahun ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tutupnya.

Reporter: Siti Fauzia
Editor: Haerun

Facebook Comments