Terjadi Percikan Api pada Gardu Hubung, Pulau Buton dan Muna Padam Total

290
Agus Susanto

Baubau, Inilahsultra.com– Pulau Buton dan Muna sempat mengalami pemadaman listrik total (Blackout) tiba-tiba, Minggu malam 24 Januari 2021.

Masing-masing meliputi Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Kabupaten Buton Utara (Butur) dan Kabupaten Muna.

- Advertisement -

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Baubau Agus Susanto menuturkan, penyebab terjadinya listrik padam total karena adanya gangguan Kubikel (Cubicle) Gardu Hubung (GH) Rajawali yang berada di Kelurahan Kadolomoko (Bure) Kota Baubau.

Agus menjelaskan, kubikel tersebut adalah seperangkat peralatan listrik yang dipasang pada Gardu Hubung (GH) yang berfungsi sebagai pembagi, pemutus, penghubung, pengontrol dan proteksi system penyaluran tenaga listrik.

“Disitu (kubikel) ada percikan api dan mengenai alat-alat yang lain (korslet), karena kubikel ini merupakan tempat sinkron penyulang ekspres PLTU Baruta dan sistem PLTD Baubau,” jelas Agus kepada sejumlah wartawan, Senin 25 Januari 2021.

Kata dia, pihaknya masih menelusuri apa penyebab terjadinya sehingga munculnya percikan api itu.

“Jadi penyebab padam total itu karena adanya percikan api. Nah yang sedang ditelusuri ini adalah penyebab percikan apinya dan tim saat ini masih bekerja dilapangan, tapi system kelistrikan sudah normal,” ujarnya.

Agus menambahkan, selama Januari 2021 ini system kelistrikan padam total baru terjadi satu kali yakni pada Minggu malam.

“Kalau yang padam-padam beberapa hari lalu itu karena adanya pohon tumbang, karena saat ini kita sedang menghadapi cuaca ekstrim,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...