KPU Buteng Menyusun Anggaran Pilkada Rp 48 Miliar

541
La Ode Nuriadin
Bacakan

Labungkari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Tengah (Buteng) menyusun anggaran senilai Rp 48 Miliar untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2022 mendatang.

-Advertisements-

Anggaran ini akan mulai digunakan sejak pratahapan tahun 2021 hingga tahapan tahun 2022.

Ketua KPU Buteng La Ode Nuriadin mengatakan, sejak empat bulan terakhir pihaknya sudah menyusun anggaran.

“Anggaran itu untuk persiapan dan kebutuhan logistik, persiapan tahapan Pilkada serta honorarium petugas di lapangan seperti panitia pemilihan di tujuh kecamatan,” tegasnya

Nuriadin mengakui, anggaran Rp 48 Miliar tersebut meningkatkan dibanding saat Pilkada tahun 2017 lalu. Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya honor penyelenggara.

“Selain terkait honor, peningkatan jumlah pemilih juga menjadi pertimbangan yang awalnya pemilih 2017 hanya 77.510 jiwa sementara Pemilu 2019 meningkat lagi 79.397 dan di akhir tahun 2020 pemilih meningkat menjadi 82.079 orang. Sehingga logistik juga ikut bertambah. Ada juga penambahan anggaran untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), serta tes swab pada kegiatan-kegiatan tertentu mengingat saat ini masih pandemi Covid-19,” jelasnya.

Nurdian menegaskan, apabila RUU Pilkada ditetapkan menjadi UU dan memastikan Pilkada digelar tahun 2022, KPU Buteng sudah siap. Sehingga anggaran tersebut dikonsultasikan kepada pemerintah daerah karena melekat dalam APBD Buteng.

“Untuk sekarang anggaran Pilkada itu melekat di pemerintah daerah, kita sebagai penyelenggara pada prinsipnya siap sedia melaksanakan Pilkada baik itu di tetapkan 2022 ataupun lewat dari 2022,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...