Kebakaran Lahan di Konsel, Manggala Agni Sultra Taklukkan Api Hanya 30 Menit

178
Tim Manggala Agni memadamkan api yang membakar lahan di Taman Nasional Rawa Aopa Konawe Selatan. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Hanya dalam waktu 30 menit Manggala Agni Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menaklukkan kebakaran lahan di wilayah Konawe Selatan (Konsel), Senin 1 Februari 2021 siang. Lokasi kebakaran lahan itu, tidak jauh dari kompleks Perkantoran Kabupaten Konsel.

-Advertisements-

Faktor angin yang berhembus begitu kencang ditambah lagi cuaca terik, api dengan cepat menjalar sehingga menimbulkan asap mengepul dan api semakin membesar.

Meskipun demikian, pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Konsel menjadi mutlak untuk dilakukan oleh tim Manggala Agni. Hanya sekejap, api berhasil dipadamkan.

-Advertisements-

Komandan Operasi Manggala Agni Sulawesi Tenggara (Sultra) Yanuar Fanca Kusuma mengatakan, setelah menerima informasi adanya kebakaran lahan. Tim langsung turun ke lokasi untuk berupaya memadamkan api.

“Memang saya menyaksikan sendiri di lapangan, Apinya cukup besar karena angin sangat cepat Tetapi karena antisipasi kita sejak dini, kebakaran itu tidak meluas kepemukiman warga. Kurang lebih 30 menit kami berhasil memadamkan,” jelas pria yang akrab disapa Fanca.

Menurutnya, kebakaran hutan dan lahan berapa hari ini cukup signifikan karena faktor cuaca cerah, didukung dengan bahan bakar yang mulai kering terutama di vegetasi savana dan semak.

“Beberapa hari ini, kebakaran yang terjadi cukup banyak di beberapa tempat. Baik itu, di wilayah observasi maupun lahan milik masyarakat,” sambungnya.

Mengantisipasi hal itu, langkah yang dilakukan Manggala Agni adalah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait serta melakukan patroli rutin di beberapa tempat yang dianggap rawan.

“Manggal Agni tidak bekerja sendiri, kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait menyangkut Karhutla ini,” bebernya.

Selain itu, Manggala Agni juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...