Kementerian PUPR Bantu Pemkab Buteng Bangun Sekolah

84
Bupati Buteng Samahuddin saat menerima penyerahan aset dari Kementerian PUPR, Senin 8 Februari 2021.

Labungkari, Inilahsultra.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, melalui Balai Prasaran Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Tenggara akan memberikan dua proyek pembangunan sekolah di Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Hal itu diungkap Kepala Bidang Aset Balai Cipta Karya Sultra, Randi usai menyerahkan aset pekerjaan Balai Cipta Karya pada tahun 2012 dan 2019.

- Advertisement -

“Pemkab Buteng bakal kebagian dua lokasi pekerjaan dari proyek APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) ini. Masing-masing di SD 3 Talaga dan SD 6 Mawasangka,” ungkapnya.

Pekerjaan tersebut, lanjut dia, nantinya akan dikerjakan pada tahun 2021. Namun untuk waktu pasti pekerjaan pihaknya belum bisa memberikan jawaban.

“Intinya semua aset yang dikerjakan pada akhirnya akan diserahkan ke pemerintah daerah,” bebernya.

Randi menambahkan, saat ini Balai Cipta Karya baru menyerahkan aset yang sudah dikerjakan sebelumnya yang telah layak untuk diserahkan ke pemerintah daerah untuk digunakan.

Untuk mendapatkan bantuan dari balai khususnya sekolah, kata dia, pihak sekolah bisa mengajukan permohonan ke bupati. Selanjutnya bupati berkoordinasi dengan Pemprov Sultra dan Pemprov menindaklanjuti ke pemerintah pusat.

Saat ini aset yang diserahkan ke pemerintah Kabupaten Buton Tengah dengan total anggaran lebih dari Rp 4,12 Miliar itu antara lain, pertama pembangunan Prasarana Dasar Permukiman (PSD) penataan lingkungan permukiman tradisional atau bersejarah di Kecamatan Mawasangka. Proyek ini mulai dikerjakan pada 2012 dengan anggaran Rp 70,9 juta dan dilanjutkan pada 2013 dengan anggaran Rp 90,9 juta.

Kedua rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana sekolah di dua lokasi berbeda. Diantaranya SD Negeri 20 Lakudo dengan anggaran 1,95 Miliar dan SD Negeri 9 Mawasangka Tengah dengan anggaran Rp 2 Miliar yang masing-masing dikerjakan pada 2019.

Bupati Buteng Samahuddin usai menerima aset tersebut mengaku sangat senang dan bangga karena Pemerintah Kabupaten Buton Tengah mendapatkan hibah untuk kepentingan masyarakat.

“Tentu kita sangat senang, semoga aset yang diserahkan dapat bermanfaat untuk daerah dan masyarakat,” singkatnya.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...