Pemkab Buteng Siapkan Lahan 35 Hektar untuk Pembangunan Jembatan Buton-Muna

74
H. Konstantinus Bukide
Bacakan

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menyiapkan lahan seluas 35 hektar untuk pembangunan jembatan Buton-Muna (Tona).

-Advertisements-

Pembebasan lahan seluas itu yang sesuai permintaan pemerintah pusat akan dipenuhi. Saat ini, pembebasan lahan tersebut masuk tahap finalisasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng Kostantinus Bukide mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya agar pembangunan jembatan tetap lancar dan tak ada kendala apapun.

“Dukungan masyarakat sangat positif. Sehingga terkait kebutuhan lahan seluas 35 hektar, Insya Allah didukung oleh masyarakat. Termasuk lembaga adat yang ada disana (Kecamatan Sangia Wambulu),” ungkapnya, Rabu 10 Februari 2021.

Kata dia, masyarakat memberikan catatan kepada pemerintah daerah atas lahan yang akan digunakan tersebut. Sebab di lokasi pembangunan terdapat makam keramat.

“Kan ada itu (Makam), jangan sampai kena,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Jenderal ASN Buteng ini menegaskan, saat ini kepemilikan 35 hektar lahan sementara dikaji. Apakah pemilik tanah sudah memiliki sertifikat atau belum. Apalagi mengingat dilokasi tersebut ada gedung pemerintah. Namun sejauh ini masyarakat masih mendukung.

Ia menjelaskan, pembangunan jembatan tersebut nantinya akan berdampak positif bagi masyarakat. Apalagi mengingat desain jembatan akan bernuansa wisata.

“Selain itu, ekonomi masyarakat yang bermukim di jalur tersebut akan hidup. Minimal akan tumbuh warung, bengkel, dan lainnya karena akan menjadi jalur utama,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...