Pembinaan dan Pertolongan Bagi Pramuka Turut Disaksikan Ridwan Bae

47
Ridwan Bae mematau langsung pembinaan SAR bagi pramuka di Kendari yang digelar Basarnas Kendari. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pembukaan penyelenggaraan pembinaan pencarian dan pertolongan bagi Pramuka tahun 2021 yang digelar Basarnas Kendari turut disaksikan langsung anggota Komisi V DPR RI Ridwan Bae.

-Advertisements-

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi menyatakan, penyelenggaraan kegiatan pembinaan ini sebagai wadah pertukaran informasi tentang pencarian dan pertolongan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pencarian dan pertolongan kepada anggota pramuka guna meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi keadaan darurat.

“Kegiatan ini dilaksanakan pada 15 sampai 17 Februari 2021 bertempat di Kantor Basarnas Kendari,” katanya.

Ian menyebutkan, kegiatan ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan mendapat surat rekomendasi dari Satgas Covid-19 di mana sehari sebelum kegiatan telah dilaksanakan Rapid test kepada seluruh peserta, instruktur dan panitia pelaksana.

Peserta kegiatan diikuti oleh 30 orang yang masing-maeing berasal dari Gudep Avignam Jagat Samagram 9 orang, Gudep Haluoleo 2 orang, Gudep BJ Habibie dan Hasri Ainun 2 orang, Gudep Pembangunan 2 orang, Saka Bakti Husada 2 orang, Gudep Tunas Medika 2 orang, Gudep Taridala Wealanda 2 orang, Gudep Wolter Monginsidi 2 orang, Gudep Bina Niaga 1 orang, Gudep Bina Karya 2 orang, Pramuka Peduli Kwarcab Kendari 2 orang, DKR Poasia Kwarcab Kendari 2 orang.

Ia menyebut, narasumber dan instruktur dalam kegiatan ini berasal dari Kantor Pusat Basarnas, Kantor Basarnas Kendari, Kwarda dan kwarcab Kota Kendari.

“Diharapkan kepada anggota pramuka yang mengikuti kegiatan ini memiliki mindset yang sama tentang pencarian dan pertolongan serta senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan diri dan lingkungan guna menghadapi kondisi kedaruratan baik pada kecelakaan, bencana maupun kondisi membahayakan jiwa manusia di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Beberapa materi yang akan diajarkan selama 3 hari kegiatan yakni, substansi Basarnas, peran potensi dalam Operasi SAR, manajemen operasi SAR, Kepramukaan, pengantar Medical First Responder (MFR), pembuatan tandu darurat/pemindahan korban.

Kemudian, penanganan pendarahan dan patah tulang, banjir dan longsor, gempa bumi dan tsunami, peta dan kompas, bivak, survival, pedoman keselamatan di air, metode pertolongan di air dan self rescue.

Dalam sambutan Deputi Bina Tenaga dan Potensi Basarnas yang dibacakan oleh Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi menitipkan pesan kepada seluruh peserta untuk menjalani protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah serta jadikan kegiatan ini tetap safety.

“Dan pengetahuan tentang pencarian dan pertolongan adalah bagian dari budaya hidup di lingkungan kita masing-masing, sehingga kita dapat menjadi bangsa yang kuat dan siap menghadapi apapun jenis musibah yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Sementara itu Ridwan Bae yang turut melihat secara langsung pelatihan ini menyatakan bahwa para peserta harus memanfaatkan momen ini.

“Terus menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya,” katanya.

Ia juga mengapresiasi Basarnas dalam menggelar kegiatan ini dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Terus lah mengupayakan kegiatan-kegiatan seperti ini ke depan secara bertahap,” pungkasnya.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...