Pemkab Buton Siapkan Anggaran Rp 1,5 Miliar untuk Kegiatan TMMD

Wabup Buton Iis Elianti mengikuti Rakornis TMMD, Kamis 18 Februari 2021.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Wakil Bupati (Wabup) Buton Iis Elianti mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun Anggaran 2021 di Aula Tamalaki Markas Korem 143/HO, Kamis 18 Februari 2021.

Rakornis ini ikut dihadiri Kepala Staf Korem (Kasrem) 143/HO Kolonel Inf Tri Rana, Dandim 1413 Buton Letkol (Inf) Arif Kurniawan, Kepala Bappeda Kabupaten Buton Ahmad Mulia, dan Kadis Pekerjaan Umum Kabupaten Buton M. Wahyuddin.

Wabup Buton Iis Elianti memaparkan, total alokasi anggaran yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton untuk kegiatan TMMD Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 1,5 Miliar.

“Sasarannya pembangunan fisik dan non fisik di tiga desa di wilayah Kabupaten Buton yaitu Desa Sangia Arano, Mulya Jaya, dan Harapan Jaya Kecamatan Lasalimu Selatan,” paparnya.

Pemkab Buton, kata Iis, mendukung secara penuh kegiatan TMMD di wilayah Kabupaten Buton tahun ini. Apalagi kegiatan TMMD tersebut untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buton.

“TNI bersama Pemkab Buton akan bekerja sama untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buton,” ujar Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Buton ini usai mengikuti Rapat TMMD secara Video Conference.

Kasrem 143/HO Kolonel Inf. Tri Rana mengungkapkan, seperti tahun sebelumnya TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-110 Tahun 2021 akan diadakan tiga kali dalam setahun. Untuk wilayah Sultra akan dilaksanakan di wilayah Kodim 1413 Buton.

“Jadi saya mewakili Danrem yang sedang berada di luar daerah, bahwasanya rencana TMMD di Sultra Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan di Kodim Buton. Dari lima kodim yang dibawahi Korem 143 Haluoleo, hampir setiap tahun kebagian kegiatan TMMD,” ujarnya.

Penunjukan Kodim 1413 Buton ini, lanjut dia, berdasarkan permintaan dari kepala daerah yang menilai TNI Manunggal Membangun Desa merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Sehingga permintaan tersebut disetujui oleh Panglima TNI.

“TMMD dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yang sebelumnya dua kali,” tuturnya.

Dia merinci, sasaran kegiatan fisik TMMD di Kabupaten Buton antara lain pembangunan rehab masjid, drainase, jalan, pematangan sarana fasilitas umum, serta MCK masyarakat. Sasaran non fisik juga ada.

“Tetap kita utamakan protokol kesehatan. Dandim Buton juga sudah memaparkan ke Danrem. Kita sudah mulai rapat, pelaksanaannya direncanakan bulan Maret mendatang,” terangnya.

Dandim 1413 Buton Letkol Inf. Arif Kurniawan menambahkan, TMMD merupakan OPS Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral dalam rangka membangun negeri.

Tema TMMD ke-110 Tahun 2021 yaitu TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri. Waktu pelaksanaan selama 30 hari sejak tanggal 2 hingga 31 Maret 2021.

“TMMD merupakan program dari atas, kita kerja sama dengan pemerintah daerah. Dalam satu tahun itu tiga kali diadakan TMMD. Pada awal tahun 2021, TMMD ke-110 dilaksanakan di wilayah Kodim 1413 Buton. Ada dua sasaran yakni fisik dan non fisik, untuk sasaran fisik pada tahap awal ini sudah mulai kita kerjakan sebagai pra TMMD, sementara sasaran non fisik kita laksanakan setelah pembukaan TMMD. Sasaran fisik di antaranya pembangunan masjid, jembatan dan kegiatan lainnya. Non fisik berupa kegiatan penyuluhan yang juga kita bekerja sama dengan beberapa dinas,” terangnya.

Ia menambahkan, baik kegiatan fisik maupun non fisik tetap mengutamakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, selain pembangunan fisik dan non fisik, kegiatan TMMD ke-110 Tahun Anggaran 2021 juga dimeriahkan lomba karya jurnalistik (media elektronik, cetak dan online) diikuti oleh Kapendam, Kapenrem, Dansatgas, dan wartawan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi atau publikasi kegiatan TMMD kepada masyarakat. Untuk itu, Dandim 1413 Buton juga mengimbau insan pers untuk mengikuti lomba tersebut dan berkoordinasi dengan Kodim 1413 Buton.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments