‘Polisi dalam Genggaman’ Hanya Ada di Kota Baubau

174
Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari bersama pimpinan Kururio.

Baubau, Inilahsultra.com – Kepolisian Resort (Polres) Baubau membuat aplikasi polisi dalam genggaman (K-Polisi). Aplikasi ini merupakan buah kerjasama dengan salah satu jasa transportasi online Kururio, Senin 22 Februari 2021.

Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengatakan, pembuatan aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat melaporkan suatu kejadian. Cukup mengakses K-Polisi, masyarakat langsung terhubung ke seluruh layanan kepolisian.

- Advertisement -

“Masyarakat bisa menggunakan aplikasi Kururio yang mana didalamnya ada berbagai fitur termasuk K-Polisi untuk memudahkan masyarakat melakukan laporan kejadian yang membutuhkan penindakan secara cepat,” ungkapnya.

Aplikasi ini, lanjut Zainal, akan memenuhi beberapa fiture kebutuhan masyarakat. Antara lain, Panik Button apabila masyarakat dalam keadaan emergency langsung menekan fitur tersebut. Sehingga otomatis langsung terkoneksi dengan polisi yang terdekat didaerah itu baik Bhabinkamtibmas, Tim Panter, Polsek terdekat hingga pimpinan Polres.

Selain fitur Panik Button, ada juga fitur layanan E-Lapor. Masyarakat bisa langsung melaporkan kejadian baik itu kejadian Kamtibmas yang sifatnya harus segera ditindak lanjuti dan informasi-informasi yang sifatnya langsung mempercepat Polisi untuk mengambil keputusan.

Ada juga fitur layanan E-Surat kehilangan. Fitur ini membantu masyarakat yang akan mengurus pengajuan surat kehilangan.

“Disitu masyarakat bisa langsung mengisi formulir yang ada dalam aplikasi tersebut sehingga langsung terkoneksi dengan layanan-layanan peran offiice Polres Baubau,” jelasnya.

Kata Zainal, layanan K-Polisi merupakan layanan pertama yang diterapkan di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Indonesia yang bekerjasama dengan jasa transportasi online.

“Didalam aplikasi Kururio ini bukan hanya sebatas transportasi online saja namun diaplikasi ini bisa juga mendapatkan layanan kepolisian ibaratnya dengan satu genggaman serasa polisi ada didalam tangannya,” terangnya.

Saat ini, tambah dia, pihaknya akan terus berupaya agar pelayanan tersebut dilakukan secara maksimal. Polres Baubau akan memerintahkan seluruh anggotanya menginstal aplikasi tersebut untuk langsung terhubung ke masyarakat yang akan membutuhkan pelayanan.

“Kita akan terus melakukan evaluasi agar pelayanan bisa dilakukan secara maksimal agar masyarakat bisa terlayani baik dalam laporan Panik Button, E-Lapor bahkan E-Surat kehilangan. Aplikasi ini baru bisa digunakan hanya sebatas wilayah hukum Polres Baubau, dengan respon cepat,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...