Curi 27 Daun Pintu Milik Warga, Pria di Kendari Diciduk Polisi

66
Polisi tangkap spesialis pencuri daun pintu. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Buser 77 Satreskrim Polres Kendari menciduk seorang pria berinisial BS alias BA, Selasa, 23 Februari 2021 sekira pukul 09.00 WITa. Pria berusia 26 tahun ini, ditangkap karena melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Pelaku ini beraksi dan mengambil 27 daun pintu di tiga tempat berbeda. TKP pertama, pelaku mengambil 12 daun pintu di Lorong Olala, Jalan HEA Mokodompit, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu. TKP kedua, di Lorong Tridharma, lorong itu bersebelahan dengan lorong TKP pertama, ketiga di tempat meubel.

- Advertisement -

Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Kendari, I Gede Pranata Wiguna mengatakan, pria tersebut ditangkap diduga telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 subsider pasal 362 KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

“Pelaku mencuri 27 daun pintu milik korban. Korbannya ada dua yakni Marten dan Barnabas,” jelas Gede Pranata Wiguna.

Mantan Kasat Reskrim Polres Kolaka ini menjelaskan, awalnya, 17 Februari 2021, sekira pukul 01.00 WITa, pelaku membongkar 12 daun pintu pada bangunan rumah yang dibangun baru milik Marten di Lorong Olala.

“Keesokan harinya, sekira pukul 04.00 WITa, pelaku mengambil 10 daun pintu di Lorong Tridharma. Daun pintu disimpan dalam rumah kos yang baru dibangun,” kata Gede Pranata Wiguna.

Kemudian, pelaku mengangkat dan menaruh daun pintu tidak jauh dari tempat pelaku mengambil. Jaraknya hanya 100 meter, daun pintu ditutupi dengan terpal agar memudahkan untuk memuatnya.

“Terakhir pelaku beraksi, 22 Februari 2021 sekira pukul 03.00 WITa. Pelaku mengambil lagi 5 daun pintu di tempat meubel, tempatnya bersebelahan dengan tempat kejadian ke- 2,” terangnya.

Di tempat meubel, pelaku memanjat tembok masuk dan keluar di sebuah meubel milik Marten. Sehingga, dari tiga tempat pelaku mengambil daun pintu, jumlah keseluruhan daun pintu yang diambil sebanyak 27.

“Daun pintu hasil curiannya ditawarkan dan dijual kepada orang lain melalui market place Facebook,” sambung Gede Pranata Wiguna.

Selain pelaku, Buser 77 Polres Kendari juga mengamankan 19 daun pintu. Sedangkan 8 daun pintu lainnya masih dalam penelurusan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dan pelaku, telah didapat 2 alat bukti sehingga proses perkara tersebut bisa dilanjutkan ke tingkat penyidikan,” tutup perwira dengan tiga balok di pundak ini.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...