UHO Berikan Peluang Mahasiswa Buka Usaha Melalui Program Mahasiswa Wirausaha

169
Rektor UHO Muhammad Zamrun. (Int)

Kendari, Inilahsultra.com – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari memberikan peluang kepada seluruh mahasiswa untuk menjadi calon wirausaha muda melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di tahun 2021.

“Mahasiswa yang tidak hanya sekedar mengejar nilai saja pada saat kuliah,
tetapi harus ada bekal yang dipersiapkan untuk menata masa depan yang lebih baik melalui Program Mahasiswa Wirausaha,” karta Pembina Kewirausahaan UHO, Aswani di ruang kerjanya, Jumat 26 Februari 2021.

- Advertisement -

Ketua Pokja Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M) ini menyebut, pendaftaran Program Mahasiswa Wirausaha dibuka sejak 15 Februari dan berkahir sampai 31 Maret 2021 mendatang.

“Saat ini kita memberikan ruang kepada seluruh mahasiswa aktif angkatan 2018 dan 2019. Untuk tahun 2021 ini kita membuka ruang sebanyak 125 untuk mahasiswa,” jelasnya.

Untuk anggaran dalam program tersebut yang akan dicairkan Rp8 juta, disesuaikan dengan proposal yang diajukan. Apabila usahanya membutuhkan anggaran besar maka akan dicairkan secara keseluruhan tetapi jika tidak maka akan disesuaikan.

“Pencairannya ini tidak sama rata tergantung jenis usaha mahasiswa yang bersangkutan. Tapi kalau besar anggarannya kita cairkan secara keseluruhan,” jelasnya.

Mantan Wakil Ketua BEM UHO ini menjelaskan, proposal yang diajukan harus fokus pada bidang usaha yang diprioritaskan agar dapat disetujui. Seperti bidang kuliner berupa jenis usaha makanan dan minuman, barang dan jasa, pertanian, kehutanan, perikanan, dan pertanian.

“Kebanyakan jenis usaha yang bergerak sampai saat ini masih beroperasi dan terpajang di toko-toko di sekitaran kampus, banyak usaha kecil di samping jalan di depan kampus salah satunya melalui program ini,” jelasnya.

Dalam program ini, lanjut dia, mahasiswa yang dapat program mendapatkan pelatihan khusus yang diberikan kepada penerima PMW supaya usaha tetap eksis dan dapat berkembang.

“Program ini juga dapat membantu mahasiswa untuk menambah pundi-pundi biaya dalam menempuh pendidikan terutama dalam situasi pandemi Covid-19,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...