BNNP Sultra Lakukan Pemeriksaan Urine di Pengadilan Negeri Kendari

598
BNNP Sultra melakukan pemeriksaan urine di Pengadilan Negeri Kendari, Senin 1 Maret 2021.

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra melakukan pemeriksaan urine terhadap pegawai Kantor Pengadilan Negeri/Tipikor/PHI Kendari Klas IA, Senin 1 Maret 2021. Pemeriksaan urine ini dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan perintah Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, dan Instruksi Presiden RI Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024 serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN.

- Advertisement -

Acara ini menanggapi surat Ketua Pengadilan Negeri/Tipikor/PHI Kendari Kelas IA, Nomor : W23.U1/516/HK.01/2/2021 tentang permohonan pemeriksaan Narkoba terhadap karyawan/karyawati pada Pengadilan Negeri/Tipikor/PHI Kendari Kelas IA.

Sehingga Kepala BNNP Sultra mengeluarkan Surat Perintah Kepala BNN Provinsi Sultra Nomor: Sprint/189/III/Ka/PM.00.02/2021/BNNP Tanggal 1 Maret 2021 tentang Petugas Kegiatan Screening Test (Tes Urine Narkoba) pada pegawai Kantor pengadilan Negeri/Tipikor/PHI Kendari kelas IA.

Dalam kondisi Pandemi Covid-19, kegiatan tersebut menerapkan Protokol Kesehatan yaitu: jaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, mengukur suhu dengan termometer Infrared yang ketat demi menjaga penularan dan penyebaran Covid-19.

Ketua Pengadilan Negeri/Tipikor/PHI Kendari kelas IA Rudi Suparmono SH MH mengucapkan terimakasih atas respon yang cepat dalam pelaksanaan test urine yang dilakukan BNNP Sultra.

Sub Koordinator Penguatan Lembaga Rehabilitasi (PLR) Muliati S.Si M.Si.Apt juga mengucapkan terima kasih kepada Kantor Pengadilan Negeri/Tipikor/PHI Kendari Kelas IA atas pelaksanaan kegiatan tes urine Narkoba.

Humas Pengadilan Negeri/PHI/Tipikor Kendari Kelas IA Kelik Tirnargo mengatakan, dalam pelaksanaan test urine di Pengadilan Negeri dilakukan secara rutin setiap awal tahun untuk memastikan bahwa semua pegawai bersih dari Narkoba.

“Karena kita ini adalah yang menyelesaikan masalah Narkoba di persidangan,” ungkapnya.

“Dan kita juga tidak memberitahukan ke pegawai bahwa besok lusa atau minggu depan akan dilakukan test urine,” tambahnya.

Ia menegaskan, sebanyak 66 orang pegawai, dari ketua hingga pegawai honor semuanya telah melaksanakan test urine.

“Pegawai kita semua ada 68 orang, yang tadi 66 orang yang melaksanakan test urine. Yang dua orang sedang sakit, ada yang kecelakaan dan satunya sedang sakit dan berada di Baubau tapi nanti akan menyusul pemeriksaan urine,” tuturnya.

Kegiatan ini dilaksanakan agar para pegawai terhindar dari bahaya penyalahgunaan Narkoba dan sebagai wujud implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...