Distanak Sultra Hibahkan Puluhan Alsintan kepada Petani di Buton dan Baubau

50
Foto bersama usai menyerahkan Hibah Alsintan dari Distanak Sultra kepada kelompok tani di Buton dan Baubau. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Tanaman Pangan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menyerahkan hibah alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 14 kelompok tani di Kabupaten Buton dan 1 kelompok tani di Kota Baubau. Hibah Alsintan itu diserahkan langsung oleh Kepala Distanak Sultra, Muhamad Djudul , Rabu 3 Maret 2021.

Alsintan yang dibagikan tersebut berupa 8 unit traktor roda dua, 3 unit mesin perontok (powerthraser), 2 mesin pengolah tanah (cultivator), 1 unit mesing penggiling, dan 1 pompa air.

- Advertisement -

Kegiatan ini adalah momentum perdana Muhamad Djudul bisa bertatap muka dengan petani. Ia memang baru beberapa Minggu menjabat secara definitif setelah sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Distannak Sultra.

Dalam sambutannya, Muhamad Djudul berharap bantuan berupa hibah Alsintan sebagai wujud nyata kepedulian dan perhatian Bapak Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Semoga bisa dioptimalkan pemanfaatannya oleh petani, sehingga program peningkatan kesejahteraan petani di Sultra segera terwujud,” katanya

Kemudian, dikesempatan itu Muhamad Djudul memperkenalkan program Rice Estate / Food Estate dari Kementerian Pertanian kepada para petani di Buton. Program yang terintegrasi dari hulu sampai hilir, atau dari benih hingga pemasaran hasil panen ini digadang-gadang pemerintah pusat akan menjadi program andalan dalam peningkatan ekspor.

Tahun ini, Distanak Sultra mengusulkan 1700 hektar dan akan terus diusahakan sampai dengan 3 ribu hektar dalam program ini. Untuk menggenjot peningkatan produksi dan harga beras, Distannak Sultra akan menggandeng beberapa offtaker serta mengoptimalkan pemanfaatan dana KUR.

Selanjutnya, Muhamad Djudul juga menyebutkan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Nasional (Sikomandan). Ia mengajak para petani di Kabupaten Buton untuk meningkatkan aktivitas peternakan dengan membentuk kelompok-kelompok ternak di Jazirah Buton.

Dalam acara ini, Kadistannak Sultra didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal, dan beberapa pejabat struktural Eselon 3 lingkup Distannak Sultra.

Reporter: Iqra yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...