Rektor UHO Tegaskan Kegiatan LDK Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Luar Agenda Universitas

181
Video dugaan penyiksaan terhadap mahasiswa UHO oleh seniornya. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu angkat bicara terkait video Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang viral.

“Kami UHO sudah memberikan surat tentang bagaimana panduan kegiatan akademik maupun nonakademik selama pandemi Covid-19,” kata Prof Muhammad Zamrun, Rabu 3 Maret 2021.

- Advertisement -

Orang nomor satu di UHO ini menjelaskan, surat edaran yang dikeluarkan pada 5 Juni 2020 bernomor : 3045/UN29/PP/2020 tentang Panduan Aktivitas Akademik Universitas Halu Oleo (UHO) Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam surat tersebut menjelaskan, kegiatan di kampus UHO pada fase 1 dalam kondisi tanggap darurat Covid-19 berlaku sampai 1 Februari sampai dengan 31 Juni 2020 dan kegiatan kampus UHO dilakukan dengan pembatasan maksimal sangat direkomendasikan untuk work from home.

Kemudian UHO kembali mengeluarkan surat nomor pada 25 Januari 2021. Surat tersebut bernomor : 410/UN29/PP/2021 tentang Panduan Aktivitas Akademik UHO Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam surat tersebut beberapa poin menjelaskan, kegiatan di kampus UHO pada fase III dalam kondisi tanggap darurat Covid-19 berlaku sampai 1 Februari sampai dengan 31 Juli 2021.

Kegiatan kampus UHO dipertimbangkan untuk dibuka secara bertahap dan terbatas dengan mengacu pada protokol kesehatan yang berlaku.

“Saya sudah keluarkan surat masing-masing di semester ganjil dan genap. Surat pertama tertanggal 5 Juni 2020 dan surat selanjutnya tertanggal 25 Januari 2021, didalamnya tertuang kegiatan akademik dilakukan secara daring (online) dan luring kalaupun tetap dilaksanakan harus menerapkan prokes yang ketat,” jelasnya.

Lanjut Guru Besar UHO ini mengatakan, surat panduan aktivitas akademik tersebut telah diserahkan kepada dekan fakultas dan ketua jurusan masing-masing untuk ditindaklanjuti.

“Untuk kegiatan lain tidak bisa berkomentar, karena saya sudah mengeluarkan surat itu sampai pada jurusan. Makanya kalau ada kegiatan seperti itu di luar agenda universitas, karena kalau UHO itu pasti mengikuti panduan dalam surat panduan tersebut,” jelasnya.

Saat ini, pihak universitas sedang mengumpulkan bukti-bukti kemudian koordinasi kepada wakil Rektor III untuk menindaklanjuti ke fakultas yang diduga dan pelaksana kegiatan tersebut.

“Saat ini pihak kampus sedang mencari tahu kejadian sebenarnya dari video tersebut. Nanti melalui WR III yang komunikasi langsung kepada fakultas yang bersangkutan,” tutupnya.

Di tempat terpisah, Wakil Rektor III, Nur Arafah mengatakan, berdasarkan hasil
dari kordinasi dengan Dekan FKIP, bahwa kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Ekonomi tidak mengantongi izin dari fakultas.

“Apa yang terjadi di video yang telah beredar di luar sepengatahuan institusi dan kami tegaskan tidak pernah memberikan izin,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar video berdurasi 1 menit 48 detik dinilai ada tindakan kekerasan kepada sejumlah mahasiswa melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO Kendari.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...