Lantik Bupati Mubar dan Pj Bupati Konsel, Ali Mazi Harap Kembangkan Potensi Daerah

Gubernur Sultra Ali Mazi lantik Achmad lamani sebagai Bupati Mubar, dan Andi Tendri Rawe Silondae sebagai Pj Bupati Konsel, Senin 8 Maret 2021.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, melantik dua kepala daerah yakni Bupati Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani dan Pj Bupati Konawe Selatan (Konsel), Andi Tendri Rawe Silondae, 8 Maret 2021, di Rujab Gubernur Sultra.

Pelantikan kepala daerah Kabupaten Bupati Muna Barat berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik indonesia nomor 131.74 – 447 tahun 2021. dan Pelantikan kepala daerah Kabupaten Konawe Selatan berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Inonesia nomor 131.74 – 421 tahun 2021.

-Advertisement-

Selanjutnya, untuk Bupati Muna Barat Achmad lamani, Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan bahwa didalam masa kepemimpinan sebagai Bupati Mubar, dirinya yakin masyarakat akan menyambut baik kehadiran bupati baru di daerah tersebut.

“Semoga saudara bupati dapat mengembang amanah sebaik-baiknya dan bijaksana dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin pemerintah di kabupaten Muna Barat,” kata Ali Mazi.

Orang nomor satu di Sultra menilai bahwa Mubar merupakan salah satu kabupaten yang memiliki beragam potensi yang layak untuk dikembangkan seperti di sektor pertanian, perikanan, kelautan, dan pariwisata.

“Semua potensi ini tentu merupakan yang paling berharga bagi pembangunan kemajuan Muna Barat di masa depan. Oleh karena itu saya berharap kiranya nanti mampu mengoptimalkan potensi tersebut dengan berbekal semangat bekerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja tuntas sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat Muna Barat,” tuturnya.

Olehnya itu, ia mengharapkan dukungan dan sinergitas agar dapat membangun serta ditingkatkan dengan semangat persatuan, sehingga pemerintah Mubar dapat menjalankan program-program pembangunan yang telah direncanakan.

Kemudian, di tempat yang sama, kepada Pj Bupati Konawe Selatan, Ali Mazi menerangkan, pelantikan tersebut dilaksanakan sebagai wujud amanat ketentuan undang-undang negara yang bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan bupati dan wakil bupati konsel periode 2016-2021 yang masa jabatannya telah berakhir pada 17 Februari 2021, lalu.

“Sampai ditetapkannya bupati dan wakil bupati defitif agar pemerintahan pembangunan daerah dan pelayanan masyarakat tetap berjalan dengan tertib sebagaimana mestinya,” ucapnya.

Ali Mazi mengungkapkan, bahwa Kabupaten Konsel merupakan satu dari tujuh daerah di Sultra yang melaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah pada pilkada serentak tahun 2020, hingga berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati Konsel yang hingga saat ini belum ada.

“Ketetapan dan pengesahan bupati dan wakil bupati konsel terpilih dari hasil pilkada tersebut, oleh Menteri Dalam Negeri dikarenakan masih dalam proses penyelesaian di Mahkamah Konstitusi,” jelasnya.

Ali mazi, menilai bahwa, Andri Tendri Rawe Silondae, memiliki pemahaman tentang karakteristik masyarakat dan pemerintahan di daerah Konawe Selatan.

“Saya selaku gubernur Sultra yakin bahwa yang bersangkutan dapat melaksanakan tugas dan kewenangannya selaku Pj Bupati dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Selalu menjaga kondusifitas masyarakat Kabupaten Konawe Selatan paska pilkada agar senantiasa aman tidak ada gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat,” pesan Ali Mazi.

“Untuk itu jalinlah kerjasama hubungan yang baik dengan semua stakeholder dengan elemen masyarakat. Sebagai kepala pemerintahan saudari juga harus memastikan seluruh penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan masyarakat di Kabupaten Konawe Selatan berjalan baik,” tambahnya.

Sekedar informasi, Achmad Lamani merupakan Wakil Bupati Mubar yang menjadi Plt Munar setelah Rajiun Tumada mundur dan kemudian maju sebagai calon Bupati Muna beberapa waktu yang lalu.

Reporter : Iqra Yudha

Facebook Comments