Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2020 dan 2021 di Buteng Dibayar Bersamaan

151
Abdullah

Labungkari, Inilahsultra.com – Tunjangan sertifikasi guru di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sejak Desember 2020 hingga Maret 2021 belum juga dibayarkan.

Diketahui, tunjangan sertifikasi guru yang belum dibayarkan pada Desember 2020 lalu mencapai Rp 1,7 Miliar. Jumlah itu akan dibayarkan pada 458 guru sertifikasi dengan rincian guru SD 301 orang dan guru SMP 157 orang.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buton Tengah Abdullah menjelaskan, belum cairnya tunjangan sertifikasi guru bulan Desember 2020 karena beberapa kendala. Antara lain SK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum dikeluarkan dan anggaran sertifikasi belum juga di transfer ke daerah.

“Kan nanti ada SK dari Dirjen Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) baru kita bayarkan,” ungkapnya saat di temui di rung kerjanya, Senin 8 Maret 2021.

Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Buteng Hamrin mengungkapkan, Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) terkait pencairan anggaran sertifikasi sudah ada. Namun anggaran dari pusat belum ditransfer ke Kas daerah.

“Mudah-mudahan bulan April pencairannya. Saat ini anggarannya belum masuk dan kami juga lagi menunggu SK tentang nama-nama guru penerima, setelah itu kita membuat rekomendasi pembayaran kepada pihak keuangan,” ujarnya.

Hamrin mengatakan, pencairan sertifikasi bulan Desember 2020 akan dibayarkan bersamaan dengan sertifikasi triwulan pertama tahun 2021.

“Jumlah anggarannya berkisar kurang lebih sebesar Rp 25,3 Miliar dengan sasaran penerimanya, guru tingkat SD, SMP dan pengawas sekolah. Anggaran itu sudah termasuk sertifikasi tahun 2021 ini,” tandasnya.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...