Terima Berkas Usulan Pelantikan Surunuddin-Rasyid, Pemprov Sultra Segera Lanjutkan ke Kemendagri

106
Penyerahan berkas Bupati dan Wakil Bupati Konsel Terpilih di Pemprov Sultra.

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menerima berkas pengangkatan Surunuddin Dangga-Rasyid sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026 di Konawe Selatan (Konsel) pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

Asisten I Setda Pemprov Sultra, Basiran mengatakan, berkas Surunuddin Dangga-Rasyid sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Konawe Selatan pada Pilkada 2020 lalu diserahkan langsung Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel.

- Advertisement -

“Kami sudah terima berkasnya,
setelah Kabag Pemerintahan dan Kabag Persidangan Pemda Konsel menyerahkan hari ini sekitar pukul 13.00 WITa,” kata Basiran, Rabu 24 Maret 2021.

Lanjut Basiran, setelah menerima berkas pengangkatan hasil paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konsel, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kelengkapan berkas tersebut.

“Pemeriksaan berkas itu membutuhkan waktu sekitar dua hari, karena yang akan diperiksa begitu banyak. Kita upayakan besok (Kamis), selesai pemeriksaan dokumennya. Setelah pemeriksaan, kita harus scan lagi dengan teliti karena dokumennya satu dos,” jelasnya.

Jika sudah dianggap lengkap dan rampung dokumen pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Konsel, kata Basiran, Pemprov Sultra akan membuat surat usulan yang ditanda tangani oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi untuk di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau sudah rampung semua, maka terbit surat usulan dari Gubernur Ali Mazi. Minimal Senin depan kita sudah antar di Kemendagri,” jelasnya.

Terkait surat keputusan (SK) pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel terpilih pasca pengusulan surat gubernur, Basiran mengaku tidak tahu, karena itu kewenangan dari Mendagri.

“Kita tidak dapat memastikan secara jelas, karena semua urusannya Kemendagri, kami tidak tahu, yang jelas kami hanya sebatas mengusulkan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Surunuddin Dangga-Rasyid dinyatakan bupati dan wakil bupati terpilih, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak perselihan hasil pemilihan (PHP) Pilkada Konsel dengan pemohon Endang-Wahyu secara keseluruhan karena tidak beralasan hukum.

Setelah MK memutuskan tertanggal 19 Maret 2021 kemarin, berselang tiga hari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel langsung menggelar rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Konsel terpilih pada Pilkada serentak 2020.

Kemudian, DPRD Konsel juga melaksanakan rapat paripurna pengangkatan Surunuddin Dangga-Rasyid selaku kepala daerah periode 2021-2026.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...