Musrenbang Kota Kendari Jadikan Ajuan Tuntaskan RPJMD Hingga 2022

62
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Kendari, Inilahsultra.com – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kota Kendari Tahun 2021 untuk perencanaan di Tahun 2022, Kamis 22 Maret 2021.

Dalam kegiatan ini, ia mengungkapkan bahwa pada kegiatan Musrenbang tersebut merupakan muara dalam merumuskan program pemerintah kota di tahun 2022.

- Advertisement -

Menurutnya di tahun 2022 menjadi sangat penting bagi pemerintah kota karena ini merupakan tahun ke lima dari seluruh rangkaian RPJMD dalam mewujudkan visi Kota Kendari menjadi kota yang layak huni berbasis ekologi, informasi, dan teknologi.

Olehnya itu, kegiatan Musrembang tersebut pemkot mencoba untuk menuntaskan seluruh janji-janji ke masyarakat, sehingga ekspetasi masyarakat bisa di jawab pada tahun 2022 yang mendatang.

“Tidak banyak yang berubah tapi mungkin priotitasnya saja yang bergeser, tentu berbicara tentang pelayanan publik, peningkatan sumber daya, kemudian infrastruktur dasar kita juga tetap harus di tetapkan, pemulihan ekonomi karena kita tau juga merupakan salah satu PR kita untuk kemudian kita atasi,” kata Sulkarnain.

Musrenbang mengacu pada Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, dan peraturan Menteri dalam Negeri No.86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

“Dan juga proses Musrenbang yang kita lakukan ini telah melalui tahapan dari bawah, dimana proses Musrenbang kita mulai dari tingkat kelurahan, kemudian dilanjutkan pada tingkat kecamatan dan juga ditambah dengan forum perengkat daerah,” terang dia.

Kemudian, sambung politisi PKS ini rencana Pemkot Kendari di tahun 2022, akan menkonsentrasikan pada pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat, penataan kota, optimasasi pelayanan publik, dan pengembangan sumber daya manusia menuju kota layak huni.

“Untuk itu, tentu sejalan dengan visi pemerintah Kota Kendari yaitu mewujudkan kota layak huni berbasis ekologi, informasi, dan teknologi yang menjadi amanat dari seluruh masyarakat Kota Kendari,” tuturnya.

Selanjutnya, rencana Pemkot Kendari di tahun 2022, menurutnya, juga sejalan dengan rencana pemerintah nasional 2022 yang fokus pada pemulihan ekonomi nasional.

“Deiring pula rencana pemerintah provinsi sultra tahun 2022, yang meniti beratkan pada upaya pemulihan ekonomi dan reformasi struktural melalui informasi infrastruktur dan peningkatan hidup masyarakat,” ucapnya.

Untuk itu, tambah Sulkarnain melalui kegiatan Musrenbang tingkat Kota Kendari, ia berharap agar semua penyusun RKPD bida berjalan dengan baik dan terlaksana ke depan.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...