Pemkab Buton Siapkan Bantuan 10 Ribu Bibit Kelapa Genjah dan 40 Ribu Bibit Pala

Bupati Buton La Bakry saat melakukan panen Jagung di Desa Kakenauwe Kecamatan Lasalimu, Sabtu 27 Maret 2021.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Bupati Buton La Bakry melakukan kunjungan ke Kecamatan Lasalimu, Sabtu 27 Maret 2021. Dalam lawatannya itu, La Bakry melakukan tatap muka dengan Kelompok Tani Kaikalu Desa Kakenauwe.

Selain itu, La Bakry juga melakukan diskusi dengan pemasok bibit jagung PT Benih Pertiwi yang selama ini telah bermitra dengan petani. La Bakry bersama rombongan juga menyempatkan diri untuk memanen jagung di kebun Kelompok Tani Kaikalu.

-Advertisement-

Kepada masyarakat, La Bakry berharap, selain menanam tanaman jangka pendek juga harus menanam tanaman jangka panjang seperti Pala dan Kelapa Genjah. Pasalnya, dua komoditas tersebut merupakan harapan masa depan.

Pemkab Buton, kata La Bakry, melalui Dinas Pertanian pada tahun ini mengadakan 10 ribu bibit Kelapa Genjah dan tambahan 40 ribu bibit Pala.

“Rencananya sebagai langkah awal akan dibagikan secara merata,” katanya.

Plt Kadis Pertanian Kabupaten Buton Ma’mul Djamal mengatakan, Kelompok Tani Kaikalu ini merupakan yang paling aktif di banding kelompok tani lain.

“Akan ada bantuan alat dan mesin brigade Alsintan yang akan stay di Kaikalu sehingga masyarakat dapat menggunakannya dengan baik,” tambahnya.

Sekalipun masih kurang, kata Ma’mul, pihaknya optimis ke depan bantuan alat-alat pertanian akan terus bertambah tergantung dari aktifitas kelompok tani.

Ma’mul menjelaskan, dalam proses permohonan bantuan bibit Pala dan Kelapa Genjah masyarakat khususnya kelompok tani yang aktif hanya perlu mengajukan proposal ke penyuluh pertanian yang ada di kecamatan masing-masing.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments