Polda Masih Lakukan Pulbaket Dugaan Korupsi di Sekretariat DPRD Sultra

116
Sekretariat DPRD Sultra.

Kendari, Inilahsultra.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket), terkait dugaan korupsi anggaran makan minum di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra.

Dugaan penggelapan anggaran sebesar Rp 2 miliar tersebut berasal dari biaya makan minum rapat DPRD tahun 2020. Padahal, pelaksanaan rapat kebanyakan diselenggarakan secara virtual akibat pandemi Covid-19.

- Advertisement -

“Saat ini penyidik masih mengumpulkan bahan keterangan, sejauh ini belum ada yang diundang untuk klarifikasi. Bahkan belum ada yang dipanggil untuk dimintai keterangannya,” kata Kasubid PID Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 30 Maret 2021.

Dolfi menjelaskan, penyidik masih melengkapi bahan keterangan dan ketika bahan keterangan itu dinyatakan cukup. Kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan gelar perkara untuk menentukan apakah dugaan korupsi makan minum tersebut masuk ranah pidana atau tidak.

“Ketika masuk ranah pidana, maka penyidik akan meningkatkan kepenyelidikan. Ketika sudah penyelidikan maka pihaknya akan mengundang siapa-siapa yang berkompeten untuk diklarifikasi. Kita akan panggil satu persatu yang berkompeten untuk dimintai keterangan,” jelasnya.

Terkait permintaan Wakil Ketua DPRD Sultra, Jumardin bahwa di Sekretariat DPRD itu anggaran yang dikelola bukan hanya dana makan minum, Dolfi memastikan semua anggaran sesuai dengan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) akan dilakukan penyelidikan.

“Terkait itu dilakukan bertahap, karena informasi pertama yang didapatkan anggaran makan minum sehingga itu yang harus diutamakan. Nanti ke depannya bakal ditelusuri dengan yang lain-lainnya, jika memang ada indikasi korupsi,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...