Pengelola Jambu Mete di Desa Karya Jaya Buton Mampu Ciptakan Lima Varian Rasa

119
Ketua Dekranasda Buton Delya Montolalu La Bakry saat menyerahkan alat kacip kepada warga Desa Karya Jaya, Sabtu 10 April 2021.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buton Delya Montolalu La Bakry menghadiri penutupan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Industri Kecil dan Menengah Pengolahan Jambu Mete di Balai Desa Karya Jaya Kecamatan Siontapina, Sabtu 10 April 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Perindustrian Kabupaten Buton selama 4 hari, sejak 7 April lalu. Pelatihan tersebut melibatkan 20 peserta. Mereka digembleng dengan pengenalan alat pengacipan, proses pengacipan, pengolahan mete, dan pengemasan produk jambu mete yang disepakati dengan merk Siontapina.

- Advertisement -

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Saya yakin dan percaya jika semua pemangku kepentingan memiliki visi yang sama untuk bersinergi dalam memajukan industri kecil dan menengah maka di masa yang akan datang Buton akan menjadi kabupaten yang diperhitungkan di tingkat nasional,” katanya.

Dia menambahkan, program pengembangan produk asal Kabupaten Buton yang berpijak pada kearifan lokal dapat berdampak positif terhadap penerapan tenaga kerja serta akan memberikan stimulan untuk tumbuh dan berkembang sektor-sektor lain seperti sektor jasa, sektor transportasi, sektor perbankan dan sektor pariwisata.

“Perlu saya sampaikan bahwa pelatihan ini merupakan upaya kita dalam mengawali kerja besar pembangunan industri di kabupaten Buton khususnya dalam bidang industri pangan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton Sadisu mengatakan, penentuan Desa Karya Jaya sebagai lokasi pelatihan ini berdasarkan hasil survei lapangan bahwa yang memiliki potensi penghasil jambu mete di Kabupaten Buton selain Desa Tumada adalah Desa Karya Jaya.

“Desa Karya Jaya memiliki potensi yang cukup besar sebagai penghasil Mete. Hal ini terbukti sekarang telah menghasilkan produk kemasan jambu mete dengan 5 lima varian rasa (rasa original, krispi, gula merah,  bawang, dan balado),” tutur Sadisu

Untuk diketahui Desa Karya Jaya telah dicanangkan sebagai desa binaan mitra Dekranasda Kabupaten Buton.

Pada kegiatan ini, Ketua Dekranasda Buton Delya Montolalu La Bakry menyerahan alat pengacipan jambu mete kepada peserta pelatihan.

Reporter: LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...