Komisi IV DPRD Sultra Harap Permendiknas Atur Zonasi Guru

Ketua Komisi IV DPRD Sultra, La Ode Frebi Rifai.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Penggunaan sistem zonasi untuk penerimaan siswa baru merupakan salah satu jalur untuk bisa diterima di sekolah. Selain pembagian zona untuk siswa, DPRD Sultra, berharap agar Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (permendiknas) dapat mengatur zonasi guru.

Ketua Komisi IV DPRD Sultra, La Ode Frebi Rifai mengungkapkan bahwa ada beberapa sekolah yang menumpuk dan jumlah guru yang sangat berlebihan, sedangkan di daerah lain masih terdapat kekurangan tenaga pendidik atau guru.

-Advertisement-

“Jadi agak sulit bagaimana pengelolaan guru yang ada di Sultra tidak diawasi dengan secara ketat. Jadi agak sulit disamping aturan Permendiknas tidak kuat, sehingga dari pemprov juga terutama di dikbud juga jika menerapkan zonasi sekolah atau siswa, harus menerapkan zonasi guru karena itu sangat penting,” katanya.

Olehnya itu, dewan berharap agar Permendiknas dapat mengatur zonasi guru, karena, lanjut dia, kesiapan SDM harus sesuai dengan kompetensi guru.

“Ketika zonasi diatur, zonasi guru tidak diatur. Itu kan ada ketidakseimbangan nantinya atau ketimpangan,” tuturnya.

Perlu diketahui, berdasarkan laman kemendikbud, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 untuk SD, SMP, dan SMA di laksanakan melalui beberapa jalur, yakni Zonasi, Afirmasi, Perpindahan tugas orang tua atau wali, dan jalur prestasi.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments