Baznas Kendari Tetapkan Zakat Fitrah, Berikut Besarannya

132
Ilustrasi Zakat Fitrah 1442 Hijrah. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Zakat Nasional (Baznas) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari telah menetapkan besaran zakat fitrah 1442 Hijriah.

Melalui rapat penetapan Zakat, Kamis 15 April 2021, Kepala Bagian Kesehatan Masyarakat (Kesra) Pemkot Kendari, Abdul Rauf, menuturkan, telah disepakati bersama bahwa ada beberapa tingkatan zakat dengan masing-masing besaran.

- Advertisement -

“Besarannya itu antara lain, untuk beras Kepala sebesar Rp35 ribu per jiwa, beras Ciliwung sebesar Rp32 ribu per jiwa, beras Dolog sebesar Rp30 ribu per jiwa,” katanya.

Sementara itu, untuk masyarakat yang konsumsi sagu, jagung dan umbi-umbian sebesar Rp20 ribu rupiah.

Kemudian, dalam penentuan besaran zakat tersebut akan disampaikan ke Wali Kota Kendari agar memgeluarkan surat keputusan.

“Kita segera sampaikan dan di tandatangani wali kota supaya segera diedarkan ke semua umat, mesjid tokoh agama dan lembaga terkait,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya menjelaskan kepada masyarakat yang membayarkan fidyah apabila masyarakat yang tidak menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

Kepala Kemenag Kota Kendari Zainal Mustamin, menerangkan dalam penetapan besaran zakat fitrah tahun ini lebih cepat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Untuk itu, tambah dia dalam rapat tersebut, ia mengapresiasi kepada pihak Baznas serta ormas Islam lainnya karena telah mengambil langkah yang cepat dalam penetapan besaran zakat fitrah.

“Sehingga dengan ini kami akan lebih cepat pula menyampaikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk membayarkan zakatnya,” pungkasnya.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...