DPRD Sultra Ungkap Banyak Tambang di Kolaka Tidak Melakukan Reklamasi

319
Salah satu lokasi tambang. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Muhtar mengecam aktivitas tambang di Kolaka yang dapat merusak alam salah satunya lingkungan.

-Advertisements-

Menurut dia, banyak perusahaan tambang di Kolaka tapi setelah mengambil kekayaan alamnya dalam hal ini ore nikel tidak melakukan reklamasi.

“Saya kecewa dengan aktivitas tambang seperti itu, tanpa memperhatikan dampaknya ke depan, kalau terus dibiarkan maka yakin dan percaya 50 tahun ke depan tenggelam kita. Kasian anak cucuk kita kedepannya,” kata H. Muhtar di kantor DPRD Sultra, Selasa 20 April.

Anggota Komisi III DPRD Sultra ini mengatakan, saat ini aktivitas pertambangan di Kolaka sudah tidak bisa dibedakan mana yang lebih dalam antara lubang tanah yang digalih tambang dengan dasar laut.

“Itulah yang terjadi aktivitas-aktivitas pertambangan di Kolaka. Makanya saya sangat sesalkan itu,” ujarnya.

Selaku anggota DPRD Sultra dari Dapil
Sultra V Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur, Muhtar akan berjuang betul-betul untuk kepentingan masyarakat mendatang dalam memperhatikan keselamatan terhadap dampak dari pertambangan ini.

“Jika dibiarkan maka musibah akan menimpa kita semua, karena pohon dihabisi oleh penambang yang tidak bertanggung jawab. Tenggelam kita nanti,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrat ini meminta
kepada pemerintah setempat untuk
menindak tegas para perusahaan tambang ilegal atau tidak melakukan reklamasi.

“Tambang seperti ini jangan diberikan ruang, karena mereka penambang hanya mengambil kekayaan alamnya
setelah itu ditinggalkan. Ketegasan dari pemerintah harus diterapkan demi keselamatan rakyat,” ujarnya.

Untuk itu, ia bakal melakukan koordinasi di Sekretariat Dewan untuk menyurati tambang yang ada di Kolaka untuk dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP).

“Kita akan panggil semua tambang yang tidak melakukan reklamasi, karena ini sangat berbahaya dimasa mendatang,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...