Dinas Perpustakaan Sultra Gagas Pinjaman Buku Online Lewat Aplikasi i-Sultra

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara, Nurlena Harahab. (Foto:Iqra Yudha/Inilahsultra.com).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal mengoperasikan sistem i-Sultra untuk meningkatkan minat membaca masyarakat di daerah setempat.

-Advertisements-

Aplikasi i-Sultra ini merupakan salah satu inovasi dari hasil gagasan pihak perpustakaan untuk menarik dan meningkatkan minat membaca masyarakat Sultra.

-Advertisements-

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Nur Shaleh mengungkapkan, aplikasi i-Sultra merupakan aplikasi pinjaman buku secara online dan dapat dibaca, diakses oleh masyarakat.

-Advertisements-

“Aplikasi ini diprioritaskan kepada para pemustaka artinya anggota perpustakaan. Semua masyarakat dapat menjadi anggota perpustakaan, sehingga dapat mengakses semua koleksi buku yang ada di perpustakaan,” katanya, saat ditemui di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Kamis 22 April 2021.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Nurlena Harahab mengungkapkan, dengan adanya aplikasi i-Sultra ini dapat memudahkan masyarakat Sultra untuk meminjam buku tanpa harus datang ke perpustakaan.

“Dalam rangka menuju perpustakaan berbasis internasional, kami sedang membangun sebuah sistem aplikasi yang bernama i-Sultra bersama dengan pihak ketiga di Jakarta. Jadi i-Sultra ini akan memuat buku-buku berbasis elektronik,” terangnya.

Buku yang dipinjam melalui aplikasi i-Sultra akan dikirim melalu email dan dibatasi dengan ketentuan batas pinjaman 4 hari.

“Jadi kalau meminjam buku sudah lewat 4 hari, maka akses pinjaman akan terputus. Kalau mau pinjam lagi lewat aplikasi i-Sultra, terlebih dahulu harus menjadi anggota perpustakaan,” tuturnya.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...