APBDes Wakoila Mubar Prioritaskan Peningkatan Pengembangan Pertanian

Kades Wakoila, La Indah.
Bacakan

Laworo, Inilahsultra.com – Pemerintah Desa Wakoila, Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar) telah selesai menyelenggarakan rapat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2021, Jumat, 30 April 2021.

Penetapan APBDes itu dalam rangka mewujudkan pengelolaan anggaran yang transparan, akuntable, partisipatif, tertib dan disiplin.

Kepala Desa Wakoila, La Inda mengatakan penetapan APBDes 2021sudah ditetapkan menjadi prioritas ialah meningkatkan pengembangan pertanian.

Menurutnya, APBDes merupakan dokumen penting bagi desa yang menentukan langkah keberlanjutan pembangunan dan jalannya pemerintah di desa kedepan yang sesuai dengan program pembangunan desa.

“Jadi kita lebih kepemberdayaan masayarakat. Yang menjadi prioritas peningkatan pengembangan pertanian, misal kawat pengadaan kawat duri dan yang menjadi kebutuhan lainya,” kata La Inda kepada inilahsultra.com. Minggu, 2 Mei 2021 di kediamannya.

Selain itu, Pemerintah Desa Wakoila lebih memfokuskan pada peningkatan sumber daya manusia meliputi, peningkatan fasilitas publik. Seperti pembangunan gedung serba guna dan sarana prasarana perekonomian yang menjadi akses para petani dan nelayan yakni pengembangan jalan kepelabuhan atau dermaga yang ada di desa Wakoila.

“Selain itu yang kita prioritaskan juga dari dana desa adalah pemberdayaan padat karya tunai dan bantuan langsung tunai (BLT),” jelasnya.

La Inda mengungkapkan, yang menjadi program visi dan misi dalam desa untuk membangun desa yang mandiri tentu pihaknya menginginkan tetap bersinergi atau bekerja sama dengan BPD sebagai lembaga yang bisa mengontrol pembangunan dalam desa serta keterlibatan masyarakat itu sendiri yang selalu mendukung setiap program yang ada.

“Saya juga berharap agar perangkat desa selalu bekerja maksimal sesuai dengan tupoksinya. Semoga desa Wakoila ke depan bisa lebih mandiri dan lebih sejahtera serta bisa bersaing dengan desa – desa yang jauh lebih sudah berkembang,” pungkasnya.

Reporter : Muh Nur Alim

Facebook Comments