Jelang Lebaran, Disperdagin Baubau Awasi Keamanan Pangan

Kepala Dinas Perdagin Baubau H La Ode Ali Hasan saat mengecek tanggal daluarsa salah satu minuman bubuk susu formula.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Menjelang lebaran Idulfitri, tim keamanan pangan yang terdiri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagin), Dinas Kesehatan dan Balai POM Kota Baubau menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak), Selasa 4 Mei 2021.

Kepala Dinas Perdagin Baubau H La Ode Ali Hasan menuturkan, tim terpadu tersebut melakukan Sidak kelayakan konsumsi bahan pangan di berbagai pusat perbelanjaan. Mulai dari swalayan, pasar modern atau pun tradisional bahkan distributor.

-Advertisement-

“Jadi kami memeriksa kelayakan konsumsi bahan pangan mulai dari makanan dan minuman untuk keperluan lebaran,” tutur Ali Hasan kepada Inilahsultra.com.

Kata dia, dalam Sidak tersebut belum ditemukan bahan pangan yang sudah tidak layak konsumsi atau daluarsa.

“Selama beberapa jam tadi kita Sidak, belum ada temuan makanan atau minuman yang tidak layak,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut dia, tim terpadu tersebut akan terus melakukan Sidak kelayakan konsumsi pangan hingga H-1 lebaran Idulfitri.

“Setiap hari kita turun. Kalau perlu jangan hanya sampai H-1 lebaran, tapi selesai lebaran juga tetap kita akan sidak,” tegasnya.

Mantan Kabag Ekonomi Setda Baubau ini mengimbau kepada masyarakat, baik masyarakat di dalam atau di luar yang berbelanja di Baubau untuk teliti dalam membeli bahan pangan.

“Yang kita antisipasi ini oknum pedagang yang memanfaatkan momen, sehingga mereka sengaja menjual makanan atau minuman kebutuhan lebaran yang sudah tidak layak. Jadi selain Sidak, kami juga minta kepada masyarakat untuk teliti dalam membeli,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments