Pemkab Busel Mulai Vaksinasi Lansia

24
Kepala Dinas Kesehatan Busel La Ode Budiman.

Batauga, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat lanjut usia (Lansia) di daerah itu.

Adapun sasaran yang harus dicapai berdasarkan target yang berikan oleh pemerintah pusat sebanyak tujuh ribu Lansia.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kesehatan Busel La Ode Budiman menuturkan, vaksinasi Lansia ini sebenarnya sama dengan vaksinasi kepada pelayanan publik lainnya.

“Artinya mereka juga sebagai sasaran yang prioritas saat ini,” tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 18 Mei 2021.

Dalam proses pelayanan vaksinasi ini, pihak TNI/Polri siap bersinergi mengantar jemput para Lansia yang akan di vaksin. Seperti diketahui bersama, Lansia ini kan dari sisi fisiknya sangat terbatas untuk menjangkau fasilitas kesehatan.

“Tentu tidak semua Lansia akan divaksin karena ada proses skrining. Kalau memang Lansia tersebut tidak bisa untuk diberi vaksin maka tidak akan diberi karena semua itu ada kriteria penilaiannya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Busel Bakri Abdullah menambahkan, pihaknya memerintahkan Puskesmas di kecamatan masing-masing untuk melakukan pendataan ulang terhadap jumlah Lansia yang ada di Busel.

“Kita sudah sampaikan kepada masing-masing puskesmas untuk mendata ulang untuk memastikan jumlah rill dari Lansia Busel apakah sesuai dengan jumlah target tujuh ribu yang diberikan oleh pemerintah pusat atau tidak,” tambahnya.

Sejauh ini, kata dia, ada beberapa kendala yang dihadapi petugas vaksin dalam melakukan tugasnya. Kendalanya itu meliputi banyaknya Lansia yang belum paham dengan vaksinasi ini.

“Makanya kami berikan pemahaman dengan memberikan contoh bahwa para Nakes sudah menjalani vaksinasi dan tidak terjadi apa-apa. Untuk sejauh ini baru 24 Lansia yang di vaksin,” tandas Bakri.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...