Jabarkan Visi Misi 2021-2026, Pemda Butur Serahkan RPJMD ke Legislatif

102
Wakil Bupati Butur Ahali menyerahkan dokumen RPJMD tahun 2021-2026 ke Ketua DPRD Butur, Diwan, Selasa 18 Mei 2021 di ruang rapat DPRD Butur.

Buranga, Inilahsultra.com– Pemerintah Daerah Buton Utara (Butur), secara resmi menyerahkan dokumen rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 ke DPRD setempat, Selasa 18 Mei 2021.

Dokumen tersebut diserahkan langsung Wakil Bupati Butur Ahali ke Ketua DPRD setempat, Diwan di ruang rapat dewan Butur.

- Advertisement -

Sidang paripurna tersebut dipimpin Diwan, didampingi Wakil Ketua, Ahmad Afif Darvin, serta dihadiri para anggota DPRD dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemda Butur.

Ahali dalam pidatonya, mengatakan bahwa penyerahan dokumen tersebut telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 pasal 49 ayat 2, bahwa kepala daerah mengajukan rancangan awal RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan.

“Dokumen RPJMD ini merupakan penjabaran dari visi dan misi serta janji politik pada saat kampanye yang telah disampaikan di hadapan masyarakat Buton Utara. Nanti, inilah yang akan menjadi pedoman pembangunan daerah dalam lima tahun ke depan,” kata Ahali.

Penjabaran visi dan misi yang dimaksud yakni, meningkatkan SDM yang berdaya saing dan terampil, meningkatkan kualitas infrastruktur wilayah terpadu dan berkelanjutan.

Lalu, penguatan ekonomi berdaya saing berbasis potensi daerah, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dan partisipasi jender dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang demokratis nyaman dan religius.

Sejumlah program yang telah masuk dalam rancangan awal RPJM ialah, relokasi Rumah Sakit Umum Daerah Rp 138 miliar, pasar tradisional Rp 12 miliar, jembatan penghubung Desa Langere dan Koepisino dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp 21 miliar. Pembebasan lahan dan penataan Bandara Rp 39 miliar, dan pembangunan jaringan telekomunikasi 16 titik.

Editor : Rido

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...