Pelaku Usaha Wisata di Busel Dapat Bantuan Stimulus Dampak Covid-19

36
Bupati Busel H. La Ode Arusani saat menyerahkan bantuan stimulus kepada pelaku usaha wisata, Jumat 21 Mei 2021.
Bacakan

Batauga, Inilahsultra.com – Sebanyak 87 pelaku usaha wisata di Kabupaten Buton Selatan (Busel) mendapat bantuan stimulus dampak Covid-19.

-Advertisements-

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Busel H La Ode Arusani ini berlangsung di Kantor Desa Lawela Selatan, Kecamatan Batauga, Jumat 21 Mei 2021.

Bantuan stimulus ini bersumber dari Pemerintah Provinsi Sultra. Tiap pelaku usaha mendapatkan bantuan stimulus berupa uang tunai senilai Rp 1.270.000 per orang.

Arusani berharap agar bantuan ini digunakan sebagai modal usaha. Sebagai bentuk perhatian Pemda Busel, pelaku usaha juga akan diberikan bantuan berupa gerobak.

“Dari provinsi memberikan bantuan stimulus dan dari daerah akan memberikan bantuan tempat jualan. Camat Batauga tolong dicatat, karena walaupun diberikan uang tapi tempatnya tidak ada maka sia-sia. Makanya saya akan bikinkan gerobak biar rapi dan uang tadi bisa dipakai untuk modal,” tuturnya.

Kata dia, saat ini telah diterbitkan Perda Nomor 3 Tahun 2019 retribusi tempat rekreasi dan olah raga serta Peraturan Bupati Nomor 9 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis pemungutan retribusi. Dari aturan ini, akan ada bagi hasil retribusi sebesar 60 persen untuk desa dan 40 persen untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Hal ini penting agar pariwisata ini bisa berkembang. Mulai hari ini pemerintah desa seringlah berkomunikasi dengan pemda untuk pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Busel La Ode Haeruddin menambahkan, 87 orang yang mendapat bantuan stimulus ini terdiri dari 65 orang pelaku usaha wisata Kabura-burana Desa Lawela Selatan Kecamatan Batauga, 18 orang pelaku usaha wisata Lapoili Desa Wawoangi Kecamatan Sampolawa dan dua orang pelaku usaha wisata di Pantai Lagunci Desa Bahari III Kecamatan Sampolawa.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...