Pemkot Kendari Pertahankan Opini WTP dari BPK untuk Kedelapan Kali

65
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menerima Laporan Hasil Pemeriksaan LPKD Kota Kendari Tahun Anggaran 2020 di kantor BPK Sultra, Senin 31 Mei 2021.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kendari Tahun Anggaran 2020.

-Advertisements-

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diserahkan langsung Kepala BPK Perwakilan Sultra, Andi Sonny kepada Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Senin 31 Mei 2021 di Gedung BPK Sultra.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa mempertahankan opini dari BPK dengan wajar tanpa pengecualian untuk Kota Kendari dan ini yang kedelapan kali. Tentu ini menjadi kesyukuran kita semua dan kami juga berterimakasih ke BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara yang sudah memberikan penilaian tersebut,” kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Sulkarnain menilai bahwa WTP tidak mudah untuk diraih karena ada catatan dan rekomendasi yang harus ditindak lanjuti dalam 60 hari ke depan.

Disamping Pemkot Kendari akan ditindaklanjuti terkait donasi Covid-19 serta pelaksanaan vaksinasi yang akan dirapikan.

“Memang di Kota Kendari agak sangat gencar karena kita ingin semua masyarakat mendapatkan pelayanan tapi ternyata memang harus disertai dengan administrasi dan pelaporan yang lebih rapih lagi,” tuturnya.

Prestasi yang diperoleh Pemerintah Kota Kendari merupakan hasil kerjasama oleh Organisasi Perangkat Daerah, salah satunya DPRD Kota Kendari, yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam menyajikan laporan keuangan secara transparan dan akuntabel.

Semenara itu, Kepala BPK Sultra, Andi Sonny menuturkan, pelaksanaan pemeriksaan LKPD dan penyerahan LHP tahun Anggara 2020 merupakan kegiatan konstitusional sesuai dengan ketentuan Pasar 23 E UUD 1945.

Pasalnya, dalam pemeriksaan opini WTP diraih oleh pemkot kendari telah melalui tahapan seleksan atau pemeriksaan secara ketat dari BPK Sultra.

Pihaknya sangat menghargai upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah karena telah berhasil memperoleh WTP kedelapan kalinya.

“Saya berharap pemerintah daerah terus melakukan upayanya untuk meningkatkan kinerja dan kualitas informasi dalam pengelolaan keuangan” jelasnya.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...