Tampilkan Nasi Bakar dan Sambal Terasi, La Ode Lolos di Master Chef Indonesia

328
La Ode Saiful lolos di Master Chef Indonesia (Is).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Putra asal Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Saiful Rahman (25) berhasil menembus Master Chef Indonesia usai menampilkan bakat memasak dihadapan tiga juri, yang disiarkan langsung di RCTI, Minggu 30 Mei 2021.

-Advertisements-

Pria kelahiran Kelurahan dana, Kabupaten Muna ini menampilkan menu masakan nasi merah bakar cakalang dengan sambal terasi dan dihiasi acar nanas dihadapan tiga juri Master Chef Indonesia, yaitu Chef Arnold Poernomo, Chef Renatta Moeloek dan Chef Juna Rorimpandey.

“Saya ambil resiko di nasinya saya ambil nasi merah, karena prosesnya agak lama kalau bukan nasi merah,” kata La Ode Saiful Rahman.

Pria biasa disapa La Ode ini menjelaskan, alasan mengikuti Master Chef untuk mengangkat kuliner daerah sana (Muna), karena orang-orang belum tau juga Kabupaten Muna itu di mana.

“Kemudian saya mau bikin bangga mama saya di rumah. Pas saya telpon mau ikut audisi master chef di Jakarta dan mama saya bilang acara apa itu, dia bingung juga. Yang jelas profesi koki itu bingung juga mereka pikir,” ucapnya.

Ia mengaku tinggal di Jogja sudah sekitar lima tahun. Pertama kali menginjakan kaki di daerah yang terkenal dengan pemerintahan sistem kesultanan ini hanya bermodalkan badan yang siap bekerja, tapi tidak tau kerja apa untuk menyambung hidup. Pada akhirnya La Ode mendapatkan tawaran pekerjaan di salah satu Stiwat dan disitu pertama kali ia melihat koki memasak.

“Jadi inspirasi saya mulai muncul di situ, sampai saya cari informasi memang ada pelajaran untuk jadi koki itu. Akhirnya saya cari kursus yang bisa saya bayar sambil bekerja, di situ saya mulai belajar memasak. Akhirnya saya mengikuti kursus sambil saya PKL di salah satu hotel dan sambil kembali bekerja,” ungkapnya.

“Tidak pulang di Muna sekitar tiga tahun lalu. Sempat saya kubur cita-citaku karena Covid-19 dan saya keluar dari tempat kerja. Saya ngangur hampir satu tahun, saya bingung bagaimana dan saya pikir memasak sudah tidal bisa ternyata ada audisi dan saya coba ternyata bisa ngobrol sama chef-chef yang sering saya liat sudah bangga sekali,” sambungnya.

La Ode menyajikan memasakannya untuk dicicipi dan dinilai tiga juri Master Chef Indonsia. Usai mencicipi La Ode dipersilahkan untuk maju ke depan. Dihadapan para juri, La Ode mengungkapkan, kalau dirinya sukses
akan menjadi inspirasi kaum anak-anak muda di sana (Kabupaten Muna).

“Kalau mau bermimpi jangan tanggung-tanggung dan mimpi saya. Yah sekarang saya berjuang di MasterChef, karena pertama kali saya melihat orang memasak dan di situ saya berpikir sudah saatnya saya bekerja untuk masa depan bukan untuk bayar kos bulan depan lagi,” ungkap La Ode sambil meneteskan air mata haru.

Juri Master Chef Indonesia Renatta menyukai presentase dan kreativitas hasil masakan dari La Ode serta memberikan yes untuk ketahap selanjutnya.

“Presentasinya saya suka, kreatif acarnya is good, enak saya suka kamu potong di dais kecil-kecil jadi lebih enak untuk dimakan. Untuk nasi bakarnya masih bisa lebih lembut lagi, tapi dia nda keras karena meman nasi merah teksturnya seperti itu. Tapi kamu masih bisa dibikin lebih lembut lagi. Kalau saya yes,” ungkap salah satu juri Master Chef Indonesia Renatta.

Sementara Chef Arnold Poernomo menilai masakan La Ode masih kurang dan memberikan no.

“Kalau dari saya hal-hal kecil garam, tumisnya dan lain-lain komposisinya rasa harus diperhatikan, masih kurang jadi No,” ucap Arnold Poernomo.

Kemudian, Chef Juna tidak panjang lebar dan langsung memberikan kesempatan kepada La Ode ke tahap selanjutkan dengan Yes. Alhasil La Ode mendapatkan dua yes dari juri yakni Chef Renatta dan Chef Juna, sementara Chef Arnold Poernomo memberikan no.

Mendapat dua yes membuat La Ode diberikan kesempatan untuk tampil ke tahapa selanjutnya.

“Ok. Saya mau lihat perjuangan kamu, seberapa gigih. Ingat kamu masak semua dipikirin, semua yang ada di situ dipikirin tapi tidak power thingking sedikit simpel tapi jangan sala,” ucap Chef Juna.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...