Bupati Buton Minta Nilai Pancasila Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bupati Buton La Bakry, Wakil Bupati Iis Elianti dan sejumlah anggota Forkopimda mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dari Gedung Pancasila Jakarta secara virtual di Aula Kantor Bupati Buton, Selasa 1 Juni 2021.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Buton mengikuti peringatan hari lahir Pancasila secara virtual di Aula Kantor Bupati Buton, Selasa 1 Juni 2021.

-Advertisements-

Upacara yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dari Gedung Pancasila Jakarta itu, Bupati Buton La Bakry dan sejumlah anggota Forkopimda menggunakan sentuhan pakaian adat.

Dalam amanatnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, meski Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita, namun tantangan yang dihadapi Pancasila ringan.

“Yang harus kita waspadai adalah rivalitas antar pandangan dan antar ideologi. Perkembangan Iptek mempengaruhi konsentrasi ideologi. Ketika konektivitas melanda dunia maka interaksi antar dunia semakin mudah dan cepat sehingga tidak dapat dipungkiri ideologi trans nasional dan radikal dapat masuk ke seluruh daerah di Indonesia,” tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Joko Widodo, dalam menghadapi semua tantangan dewasa ini perlu pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak dengan cara-cara biasa. Sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mantan Wali Kota Solo mengajak jajaran Pemda, tokoh agama, tokoh pendidik, menciptakan muda, dan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dengan membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Usai mengikuti upacara, Bupati Buton La Bakry mengungkapkan, nilai-nilai Pancasila harus terus digelorakan dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara hingga kalimat sendi-sendi kehidupan sehari-hari.

Berkaitan dengan Hari Lahir Pancasila ini mengingatkan kita kembali terhadap nilai-nilai luhur bangsa yang hari ini kita peringati. Harapan Saya sebagai kepala daerah maupun pribadi, evaluasi nilai-nilai Pancasila bisa kita aplikasikan, bisa kita internalisasi dalam kegiatan sehari-hari, organisasi pemerintahan dan kemasyarakatan,” kata Ketua DPD Partai Golkar Buton ini.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...