Benteng Keraton Wolio Masuk Nominasi API Award 2021

79
Ali Arham.

Baubau, Inilahsultra.com – Ajang pariwisata terbaik Indonesia yakni Anugerah Pesona Indonesia (API) kembali digelar. API Award 2021 ini merupakan penyelenggaraan untuk tahun yang ke-6.

Chairman of API Hiro Kristianto mengatakan, pada penyelenggaraan kali ini diikuti oleh 136 daerah kabupaten/kota yang juga mewakili 27 provinsi dengan 18 kategori dan 10 nominasi pada setiap kategori.

- Advertisement -

Dalam ajang API Award 2021 ini, beberapa daerah semakin aktif dan giat
dalam mengirimkan usulan nominasi, terutama untuk wilayah Indonesia bagian timur. Salah satunya, kategori situs sejarah Benteng Keraton Wolio Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau Ali Arham menuturkan, sebenarnya ada tiga kategori yang diusulkan oleh Dispar Baubau.

Diantaranya, Muara Lakalogou untuk kategori surga tersembunyi, Benteng Keraton Wolio kategori situs sejarah serta Ikan Molo kategori makanan tradisional.

“Tapi Benteng Keraton Wolio yang berhasil masuk di ajang API Award sebagai salah satu nominasi pada kategori situs sejarah,” tuturnya, Senin 21 Juni 2021.

Kata dia, Benteng Keraton Wolio bersaing dengan sembilan nominasi lainnya di kategori situs sejarah. Masing-masing, Candi Ijo di Kabupaten Sleman, Istana Mini Banda Naira Kabupaten Maluku Tengah, Megalitik Batu Brak Kabupaten Lampung Barat, Megalitik Besemah Kota Pagaralam, Museum Buya Hamka Kabupaten Agam, Situs Gajah Mada Kabupaten Sabu Raijua, Taman Arkeologi Onrust Kabupaten Kepulauan Seribu, Taman Narmada Kota Mataram, dan Tundrumbaho Kabupaten Nias Selatan.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau ini menambahkan, penentuan kemenangan pada ajang API Award ini yakni melalui sistem pemungutan suara (voting) yang dimulai 1 Juli hingga 31 Oktober 2021.

“Masyarakat diharapkan bisa memberikan dukungan. Caranya, melalui SMS dengan mengetik API12A kirim ke 99386, bisa juga vote lewat Instagram @ayojalanjalanindonesia dan YouTube @APIaward,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...