BI Sultra Kembangkan Ekonomi Syariah Melalui Road to Fesyar

17
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Bimo Epyanto.

Kendari, Inilahsultra.com – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka Road to Fesyar (Festival Ekonomi Syariah) 2021 untuk mengembangkan ekonomi syariah. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Bimo Epyanto mengatakan, Road to Fesyar merupakan even terdahulu menjelang Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) dan Indonesia Sharia Ekonomi Festival (ISEF). Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan BI dalam rangka mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah.

- Advertisement -

“Perkembangan ekonomi syariah ini kami harapkan bisa menumbuhkan pelaku usaha yang memproduksi produk halal, juga mengedukasi masyarakat supaya ada kesadaran ekonomi syariah,” ujarnya.

Bimo menambahkan, pihaknya akan terus mendorong serta mengoptimalkan kontribusi ekonomi dan keuangan syariah terhadap perkembangan berbagai sektor di Sultra.

Bahkan BI juga berupaya mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai salah satu stimulus dalam upaya perkembangan ekonomi daerah.

Bimo mengaku, belum memiliki pencatatan data statistik untuk menghitung jumlah data syariah dan non syariah.

“Jadi boleh dibilang potensinya masih jauh belum digali. Sehingga itu yang kami coba lakukan secara perlahan untuk menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ekonomi syariah,” ucapnya.

Tidak hanya itu, BI bersama Pemerintah Provinsi Sultra dan Yayasan Al Khanza akan menginisiasi gerakan wakaf tunai. Gerakan ini akan dimulai dengan pengumpulan dana Wakaf untuk pembangunan rumah Quran Al Amin.

“Saat ini rumah Quran Al Amin sementara dalam proses pembangunan, olehnya itu gerakan wakaf tunai ini merupakan salah satu wujud nyata bersama dalam mendorong pemberdayaan ekonomi umat serta pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” ungkapnya.

Diketahui, Road to Fesyar 2021 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini akan dikemas dalam dua kegiatan utama yakni Syaria Forum dan Syaria Fair.

Syaria Forum dilaksanakan pada 22-23 Juni, sedangkan Syaria Fair akan dilaksanakan pada 3-4 Juli di Lippo Mall Kendari.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...