BNNP Sultra Bersama HIIPMALA Konawe Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Lalonggasumeeto (HIIPMALA) Kabupaten Konawe, melaksanakan Sosialisasi Bahaya Narkoba.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Lalonggasumeeto (HIIPMALA) Kabupaten Konawe, melaksanakan Sosialisasi Bahaya Narkoba. Kegiatan tersebut bertemakan, Milenial Tangguh Menuju Sultra Bersinar (Bersih Narkoba), Selasa 22 Juni 2021 di Aula Kantor Desa Puuwonua Kecamatan Lalonggasumeeto.

Giat ini berdasarkan Undang – Undang RI. Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan Peraturan Presiden Nomor 47 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2010 tentang Badan Narkotika Nasional, serta Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya.

-Advertisement-

Selanjutnya berdasarkan Instruksi Presiden RI No. 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024 dan Surat Edaran MENPAN RB Nomor 58 Tahun 2020 Tanggal 29 Mei 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai ASN dalam Tatanan Normal Baru.

Kemudian Surat Panitia Pelaksana Sosialiisasi Bahaya Narkoba nomor : 007/B/HIPPMALA/PAN-PEL/VI/2021 tanggal 16 Juni 2021 perihal Permohonan Menjadi Narasumber dan Surat Perintah Kepala BNNP Sultra Nomor Sprin/853/VI/Ka/PM.00.01/2021/BNNP tanggal 21 Juni 2021 tentang Petugas kegiatan Informasi dan Edukasi P4GN dan Deteksi Dini dengan instansi terkait di Desa Puuwunua Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe yang akan dilaksanakan Hari Selasa, 22 Juni 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 75 peserta yang terdiri dari Puskesmas Lalonggasumeeto, PLN UPDK  Kendari, Delegasi Karang Taruna se-Kecamatan Lalonggasumeetu,Organisasi HIPPMALA, Siswa(i) MTsN 3 Konawe, MA Hubbul Wathan Konawe, MA Al Irsyad Konawe.

Risky Ananda, dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba, salah satunya adalah membentuk pelajar dan pemuda milenial yang berakhlak sehingga mampu memproteksi diri dari penyalahgunaan bahaya Narkoba.

Sekretaris Camat Lalonggasumeeto Muhammad Husain membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya beliau menyampaikan agar selalu memperhatikan Prokes dalam mencegah pemutusan rantai penyebaran Covid-19.

Ia mengucapkan terima kasih kepada panitia kegiatan yang telah mencurahkan tenaga dan waktu untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba.

Disisi lain juga berharap para peserta mengikuti dengan serius agar ilmu yang diperoleh dapat disampaikan kepada keluarga dan sekitarnya sehingga menjadi imun dari bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Selanjutnya, Ketua Umum HIPPMALA Jusran Thayeb, mempersiapkan diri sebagai garda terdepan memberantas penyalahgunaan Narkoba di Kecamatan Lalonggasumeeto sehingga terbentuk Wilayah Bersinar (Bersih Narkoba).

Manager PLTU NII Tanassa diwakili oleh Aryanto (Bagian Humas PLTU NII Tanassa), dalam sambutannya menyampaikan bahwa siap memberikan dukungan kepada HIPPMALA Lalonggasummeeto untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat salah satunya melalui Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Kepada Pemuda dan Pelajar Milenial.

Kemudian Polsek Lalonggasumeeto diwakili oleh Bripka Agung Marzuki (Kanit Binmas Polsek Lalonggasumeeto) berharap bukan hanya ceremonial saja tetapi dapat diaplikasikan dikehidupan bermasyarakat dan berkomitmen untuk memberantas dan menindak pengedaran dan penyalahgunaan Narkoba.

Sementara itu, PLN UPDK  Kendari diwakili oleh Ihsanuddin Akbar (Pejabat Pelaksana K3 dan Keamanan), mengapresiasi Hippmala dan berharap kegiatan ini berkelanjutan sehingga pemuda dan pelajar milenial dapat terproteksi dari bahaya Narkoba.

kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan Piagam secara simbolis kepada narasumber kegiatan.

Selanjutnya Penyampaian Materi oleh Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNNP Sultra) Ibu Mindrayatin, dengan Judul Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Generasi Milenial yang Cerdas itu ukir Prestasi dan Tolak Narkoba. Juga dr. Theresia Puterahmat dengan judul Alur Rehabilitasi bagi Penyalahguna Narkoba.

Kemudian deteksi dini bagi peserta sebanyak 4 orang dengan menggunakan alat test urine 6 parameter (MOP, MET, COC, AMP, BZO, THC). Dari test urine tersebut didapatkan hasil “*NEGATIF*”.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Lalonggasumeeto dengan menerapkan Protokol Kesehatan yaitu: physical  distancing, menggunakan Masker, hand sanitizer, mengukur suhu dengan termometer  Infrared yang ketat demi menjaga penularan dan penyebaran Covid-19.

Reporter: Iqra yudha

Facebook Comments