Vaksinasi Massal Serentak se Indonesia, Polres Baubau Target 1000 Vaksin Satu Hari

64
Polres Baubau menggelar konferensi pers persiapan pelaksanaan vaksinasi massal, Rabu 23 Juni 2021.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan program satu juta dosis vaksin Covid-19 per hari se Indonesia.

-Advertisements-

Menindaklanjuti itu, akan dilaksanakan vaksinasi massal gratis serentak se Indonesia yang dirangkaikan dengan momentum HUT Bhayangkara, 26 Juni 2021 mendatang.

Untuk di Polres Baubau, Korps Bhayangkara dibawah kepemimpinan AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari itu menargetkan 1000 dosis vaksin satu hari khusus tanggal 26 Juni 2021 nanti.

Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari menuturkan, 1000 dosis vaksin pada Sabtu 26 Juni nanti merupakan target khusus. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena wilayah hukum Polres Baubau meliputi Kota Baubau, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dan dua kecamatan yang ada di Kabupaten Buton Selatan (Busel).

“Jadi 1000 dosis vaksin satu hari merupakan target khusus pada tanggal 26 Juni nanti. Tapi kalau dalam perjalanannya nanti, jumlah yang tervaksinasi melebihi angka 1000 itu maka lebih bagus lagi,” tuturnya saat konferensi pers di Polres Baubau, Rabu 23 Juni 2021.

Untuk mensukseskan program vaksinasi massal itu, lanjut Rio, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral yang dihadiri oleh dinas kesehatan (Baubau, Buteng, Busel), Kodim 1413 Buton, RSUD, BPBD dan Satgas Covid-19 dalam rangka pemutakhiran kesiapan vaksinasi massal ini.

Selain itu, dibutuhkan sosialisasi yang masif dengan harapan program vaksinasi ini betul-betul berjalan dengan baik dan menyentuh masyarakat secara keseluruhan sehingga kekebalan komunal ini bisa terwujud.

“Kita akan mengakselerasi dan memobilisasi masyarakat secara masif di seluruh wilayah Kota Baubau maupun Buteng sehingga target 1000 vaksin itu bisa terpenuhi,” lanjutnya.

Kata dia, vaksinasi massal nanti akan dipusatkan di Gedung Kemitraan Polres Baubau. Bagi warga yang ingin divaksin cukup datang membawa kartu tanda penduduk (KTP).

“Vaksinnya jenis sinovac. Bagi masyarakat usia 18 tahun keatas, berbadan sehat dan tidak hamil bisa mengikuti vaksinasi massal gratis ini. Dan juga siapkan fisik dan mental, istirahat yang cukup dan harus sarapan,” ujarnya.

Perwira dua melati ini juga menepis isu adanya uang ganti transportasi dan sembako bagi warga yang telah menjalani vaksin.

“Itu adalah berita hoax, karena yang ada hanya mobilisasi angkutan bagi warga yang ingin divaksin oleh Bhabinkamtibmas atau Babinsa,” tukasnya.

Orang nomor satu di tubuh Polres Baubau itu menambahkan, tenaga vaksinator untuk hari H nanti telah disiapkan sebanyak 10 tim dengan Tupoksi berbeda mulai dari administrasi hingga tenaga vaksinasi.

“Kami mengimbau masyarakat jangan ragu untuk mengikuti vaksin. Selain aman dan halal, vaksin yang beredar telah melalui uji keamanan tim medis. Tim Komnas KIPI juga telah mengklarifikasi dan melakukan pendalamam atas isu kematian akibat vaksinasi dan hasilnya vaksin aman dan halal untuk warga yang memenuhi syarat,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...