Operasi Yustisi Covid-19, Tim Gabungan Temukan 44 Pelanggar

Suasana saat Tim Operasi Yustisi menemukan warga yang tidak menggunakan masker, Lokasi MTQ, Kamis, 24 Juni 2021. (Foto Iqra Yudha/Inilahsultra.com).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Tim Gabungan TNI-Plori, Satpol PP dan OPD Pemerintah Kota Kendari melakukan Operasi Yustisi dalam penegakkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, Kamis 24 Juni 2021.

Kabid Penegakkan Perda, Arusly Herman mengatakan tim operasi yustisi kali mendapatkan 44 pelangar yang tidak menggunakan masker.

-Advertisement-

“Kita juga menemukan 1 pelaku usaha yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 dalam hal ini tidak menggunakkan masker,” katanya,

Selain itu, ia menyebutkan bahwa warga yang tidak menggunakan masker berasal dari luar Kota Kendari, saat ditanya oleh tim gabungan TNI-Polri, mereka mengaku belum tau jika Pemkot Kendari sudah menerapkan operasi penegakkan Prokes Covid-19.

“Yang kami dapat tidak menggunakan masker berasal dari luar Kota Kendari, dan Alhamdulillah warga Kota Kendari sudah mulai patuh terhadap aturan yang dibuat oleh pemerintah kota dengan selalu membawa masker saat keluar dari rumah,” ujarnya.

Berdasarkan peraturan Wali Kota Kendari, nomor 47 tahun 2020, disebutkan bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker di area publik maka akan diberikan teguran lisan dan denda administrasi.

“Untuk saat ini kita hanya memberikan sanksi sosial, yakni push up atau membaca pancasila,” imbuhnya.

Selanjutnya, ia mengimbau, mengingat semakin meningkatnya Covid-19 di Kota Kendari kepada warga kota agar tidak henti-hentinya selalu menggunakan masker.

“Seluruh warga Kota Kendari agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak, rajin mencuci tangan agar kita semua dapat terhindar dari Covid-19,” imbuhnya.

Lokasi dalam operasi yustisi tersebut terdapat beberapa titik, yakni Jalan Sao-sao Taman kali Jadia, Jalan Lawata, Jalan Abunawas, Jalan Saranani, Jalan L.D Hadi, Jalan A. Yani, dan pelataran Eks MTQ.

Reporter : Iqra Yudha

Facebook Comments