Pengamat Politik Nilai Abdul Rasak-Andi Sulolipu Potensi Menang Pilwali 2024

390
Abdul Rasak (kiri) dan Andi Sulolipu (kanan).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pengamat politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo (UHO) Najib Husain menilai Abdul Rasak dan Andi Sulolipu berpotensi memenangkan Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari 2024 mendatang.

-Advertisements-

Abdul Rasak dan Andi Sulolipu yang telah menyatakan sikap bakal berpasangan untuk maju sebagai Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Kendari, pada Pilwali mendatang.

Keduanya saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Kota Kendari, Abdul Rasak dari Partai Nasdem sementara Andi Sulolipu dari Partai PDI Perjuangan.

-Advertisements-

Najib Husen menjelaskan, ada empat alasan mengapa keduanya memiliki peluang besar melanjutkan kepemimpinan Sulkarnain-Siska Karina Imran.

Pertama, adalah basis suara keduanya berbeda. Kekuatan Abdul Razak ada di dapil Abeli namun kelemahannya di dapil Kendari Barat.

“Dan itu (Kendari Barat) adalah wilayah kekuatan Andi Silolipu,” kata Najib Husen, Senin 5 Juli 2021.

Alasan kedua adalah, Abdul-Razak dan Andi Solulipu sampai saat ini telah mendapatkan dukungan dari dua Partai yakni Partai Nasdem dan Partai Gerindra yang sama-sama memiliki jaringan cukup kuat sehingga kekuatan mesin partai tidak perlu diragukan.

“Yang ketiga, konfigurasi dua etnis besar di Kota Kendari yaitu Tolaki dan Bugis akan menjadi suara dasar untuk memperkuat basis,” tambahnya.

Kemudian, kedua pasangan ini akan saling melengkapi satu sama lainnya. Kekurangan Abdul Razak akan ditutupi oleh kelebihan Andi, sedangkan kekurangan Andi akan ditutupi kelebihan Abdul Razak.

Beberapa alasan ini bisa membuat pasangan yang berakronim Asli ini cukup kuat untuk terus menambah elektabilitas sebelum Pilwali Kendari 2024 nantinya.

“Tapi catatan yang penting karena pasangan sangat awal mengsosialisasikan diri sehingga perlu mengatur irama dan cerdas dalam memainkan isu,” ucapnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...