Periode Kedua Pimpin UHO, Prof. Zamrun Upayakan Seluruh Program Studi Terakreditasi Unggul

70

Kendari, Inilahsultra.com – Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, menjadi yang pertama mendapatkan akreditasi unggul di Sulawesi Tenggara (Sultra) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor Universitas Halu Oleo, Prof. Muhammad Zamrun Firihu

Program studi (Prodi) tersebut sebelumnya sudah berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dan berhasil mengkonversinua ke akreditasi unggul di Bumi Anoa.

- Advertisement -

Rektor Universitas Halu Oleo, Prof. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, dalam periode kedua memimpin kampus terbesar di Sulawesi Tenggara ini akan terus  mengupayakan seluruh program studi  dilingkup Universitas Halu Oleo masuk akreditasi unggul dari BAN-PT.

“Pada periode kedua ini, saya akan mengusahakan agar program studi yang ada dapat terverifikasi unggul dari BAN PT. Akreditasi sekarang itu tidak ada A, B, ataupun C yang ada itu baik, baik sekali, dan unggul. Jadi yang A itu nanti kita usahakan konversi menjadi unggul,” kata Prof. Muhammad Zamrun Firihu saat ditemui usai pelantikan di gedung Rektorat UHO, Jumat 2 Juli 2021

Mantan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) itu mengatakan, yang saat ini mendapatkan akreditasi B akan diusahakan konversi menjadi kategori baik sekali melalui pengisian borang atau dokumen yang telah disediakan untuk penyesuaian akreditasi dari BAN-PT.

“Kita akan usahakan dari B menjadi kategori Baik Sekali, karena pengisian dokumen-dokumen itu tidak terlalu banyak. Insya Allah bisa kita lakukan dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Untuk tahun 2021 ini, alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengatakan, pihaknya relah mengusahakan 28 program studi dengan kategori akreditasi B dengan A itu telah selesai penyetaraannya.

“Artinya dari konversi B ke Baik Sekali dan dari A ke Unggul. Insyah Allaj tahun 2021 ini selesai,” ucapnya.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Halu Oleo (UHO) Prog. Studi Ekonomi Pembangunan, satu-satunya Fakultas yang pertama kali mendapatkan akreditasi unggul di Sulawesi Tenggara dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Foto Doc. UHO

Guru Besar Universitas Halu Oleo ini mengatakan, sesuai intruksi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nadiem Makarim terkait kampus merdeka bahwa setiap program studi sudah menyiapkan beberapa mata kuliah yang bisa diambil mahasiswa prodi yang lain atau fakultas lain atau bahkan universitas lain.

“Merdeka belajar itu tujuannya adalah agar mahasiswa bisa tahu bukan cuma ilmunya saja, tetapi juga bisa membuka wawasan di program studi lain atau kerjasama dengan industri atau bahkan dengan lembaga-lembaga yang lain,” jelasnya.

Rekto Universitas Halu Oleo dua periode ini mengajak semua civitas akademi untuk bersama-sama berkarya menjadikan UHO perguruan tinggi unggul di Indonesia, bermartabat, berbudaya akademik, menghasilkan sumber daya manusia cerdas.

“Saatnya kita semua civitas akademik meneguhkan kebersamaan dan berkarya untuk kemajuan kampus yang kita cintai ini agara bisa bersaing dan menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas,” tutupnya

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Arifuddin mengatakan, dirinya mengucapkan syukur dan terima kasih fakultas yang ia pimpin mendapatkan akreditasi unggul. Hal ini kata dia, berkat kerja sama tim yang baik debgan berhasil mendorong dan terus mempresure agar program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis bisa mendapatkan hasil akreditasi unggul.

Selain ekonomi pembangunan, kata Arifuddin, pihaknya juga mendorong Jurusan Akuntansi dan beberapa jurusan lain untuk memperoleh akreditasi unggul. Dan akreditasi unggul ini bukan hanya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis saja, tapi diharapkan fakultas lain yang ada di lingkup Universitas Halu Oleo bisa mendapatkannya.

“Saya dan tim akan terus mendorong dan terus mempresure semua jurusan di Ekonomi untuk mencapai akreditasi unggul, agar kita tidak hanya dikenal di daerah akan tetapi bisa dikenal di nasional lewat Akreditasi. Kita harapkan juga di fakultas lain bisa mendapatkan akreditasi unggul dari BAN-PT,” kata Arifuddin, Senin 4 Juli 2021.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan mengatakan, pengumuman dari BAN-PT, bahwa prodi ini telah layak mendapatkan akreditasi unggul. Akreditasi ini diperoleh melalui Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang digunakan oleh prodi untuk melakukan konversi peringkat akreditasi dari A ke unggul.

“Alhamdulillah kita dapatkan akreditasi unggul. Jadi, unggul itu adalah akreditasi yang diatasnya A,” katanya.

Tajuddin menjelaskan, mekanisme untuk mendapatkan unggul pihaknya mengisi administrasi berupa borang lalu di kirim ke Badan Akreditasi Nasional dan dinilai. Setelah itu, tim asesor ditunjuk untuk menilai usulan yang ditawarkan apakah layak atau tidak. Kemudian setelah itu dinilai dan diserahkan kembali ke BAN- PT untuk ditentukan hasilnya.

Untuk mendapatkan akreditasi ini tidaklah mudah karena harus melalui berbagai tahapan penilaian. Mulai dari kualifikasi dosen, jumlah guru besar yang ada, kurikulum, manajemen mutu, tersier studi (survei terhadap alumni berapa lama untuk mendapatkan pekerjaan) serta terakhir adalah kepuasan pengguna (sikap profesional alumni terhadap pekerjaannya).

“Alhamdulillah untuk hal tersebut kami (Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan) memenuhi syarat. Kalau kita tidak penuhi sulit untuk kita mendapat akreditasi unggul tersebut,” jelasnya.

Dengan akreditasi unggul ini, pihaknya akan terus melakukan perbaikan mulai dari integritas kurikulum serta berencana melakukan pengembangan jurusan menjadi dua prodi yakni Prodi Ekonomi Islam.

“Manfaat dari akreditasi ini akan dirasakan semua mahasiswa terutama buat alumni pencari kerja, karena pada saat melamar pekerjaan yang terpenting kata dia adalah akreditasinya,” tutupnya.

Sertifikat Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Akreditasi unggul adalah sebuah peringkat yang akan diperoleh Universitas atau perguruan tinggi yang memenuhi aturan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Akreditasi ditetapkan oleh peraturan BANPT tahun 2020 nomor 1 mengenai “mekanisme akreditasi”. Ketika perguruan tinggi berhasil mendapatkan akreditasi unggul, dapat dikatakan bahwa universitas tersebut sangat baik mengenai prestasi yang ada di dalamnya.

Tujuan adanya Akreditasi Unggul pada sebuah universitas akreditasi didasarkan pada kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi. Akreditasi unggul ditetapkan untuk mengetahui jaminan mutu program studi dan perguruan tinggi.

Jaminan mutu yang dimaksud adalah mutu dalam bidang akademik maupun non akademik. Dengan mengetahui jaminan mutu melalui akreditasi, calon mahasiswa akan mengerti kualitas di dalam universitas dan program studi yang akan dipilih. (Adv)

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...