Selama Pendemi, 175 Dokter di Sultra Terpapar Covid-19 dan 1 Meninggal

10

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 175 tenaga medis yang terpapar Covid-19 atau virus corona bahkan ada yang meninggal duni di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Satgas Internal Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, dr Agus Purwo
mengatakan, kasus dokter atau tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan kumulatif sejak awal virus corona ditemukan di Sultra hingga Rabu 7 Juli 2021.

- Advertisement -

“Dari 175 dokter yang terpapar, 55 dari dokter spesialis, serta 120 dokter umum. Dari jumlah itu 159 dokter dinyatakan sembuh, 1 orang meninggal dunia, dan 15 orang masih dalam perawatan. Data ini berdasarkan update hari ini, pukul 16.00 Wita,” kata Agus Purwo, Rabu 7 Juli 2021.

Tenaga dokter yang terpapar Covid-19 tersebar di berbagai kabupaten, mulai dari Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, dan terbanyak dari Kota Kendari. Dokter yang terpapar Covid-19 ini rata-rata mengalami gejala ringan dan sedang.

“Dokter yang terpapar Covid-19 ada yang sedang dirawat di Rumah Sakit Bahteramas dan ada juga yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” ujarnya.

Agus belum bisa memastikan dimana
dokter atau tenaga medis ini terpapar. Sebab di Kota Kendari saat ini sudah banyak transmisi lokal, mobilisasi masyarakat, dan dokter juga tinggi.

“Belum bisa dipastikan dimana terpaparnya, yang jelas ada juga dari pasien dan lingkungan rumah sakit,” ucapnya.

Untuk itu, Agus mengimbau masyarakat tidak menyepelekan Covid-19. Terlebih sampai saat ini masih banyak yang tidak percaya dengan Covid-19 dan menyebut virus corona hanya akal-akalan belaka.

“Memang Covid-19 ini tidak terlihat, tapi dampaknya sangat bisa kita rasakan. Penyakit ini sangat menular sehingga vaksin terbaik adalah melakukan pencegahan penularan lewat penerapan protokol kesehatan,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...