Bupati Muna Intruksikan Inspektorat Audit Aset Desa yang Belum Dikembalikan Mantan Kades

Bupati Muna, LM. Rusman Emba. (Int)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Masih banyak aset-aset desa yang merupakan milik pemerintah yang masih dikuasasi mantan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Muna untuk segera dikembalikan kepada pemerintah setempat.

-Advertisements-

Bupati Muna, LM. Rusman Emba meminta secara tegas kepada sejumlah mantan Kepala Desa di Bumi Sowite untuk segera mengembalikan aset desa dan kendaraan operasional dipakai sewaktu masih menjabat, yang masih dikuasai saat ini.

-Advertisements-

“Saya minta untuk secepatnya dikembalikan, karena aset desa dan kendaraan operasional bukan milik pribadi yang boleh dimiliki secara utuh. Aset ini sesuai regulasi wajib dikembalikan kepada pemerintah desa,” tegas LM. Rusman Emba, Jumat 9 Juli 2021.

-Advertisements-

Mantan Ketua DPRD Sultra ini mengatakan, dalam waktu dekat ini mengintruksikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna untuk menginfentaris seluruh aset-aset desa, yang hingga kini masih mengendap di sejumlah mantan kades.

“Saya juga intruksikan Inspektorat untuk memeriksa atau mengaudit hasil laporan tahunan desa. Desa mana saja yang belum mengembalikan aset maupun kendaraan operasional. Kita akan menginventarisasi semua, untuk mengambil langkah-langkah kongkrit sesuai aturan karena itu memang bukan milik pribadi,” tegasnya.

Bupati Muna terpilih dua periode ini, berharap kepada kades yang sudah purna bakti atau terhenti di tengah jalan terutama yang merasa dirinya masih menguasai aset desa agar segera mengembalikan aset tersebut sebelum ada langkah tegas yang diambil.

“Saya berharap kepada para mantan kepala desa agar segera mengembalikan apa yang menjadi hak-hak di desa. Itu bukan milik pribadi tapi itu untuk kepentingan masyarakat setempat,” harapnya.

“Sebelum kita mengambil langkah tegas sesuai aturan terhadap aset-aset desa yang belum dikembali. Kiranya mantan kades untuk mengembalikan secepatnya aset desa tersebut,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...