Bupati Busel Beberkan Sejumlah Capaian Dalam Refleksi HUT RI ke-76

Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka mendengarkan pidato pengantar Bupati Busel menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 tahun, Senin 16 Agustus 2021.
Bacakan

Batauga, Inilahsultra.com – DPRD Kabupaten Buton Selatan (Busel) menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka mendengarkan pidato pengantar Bupati Busel menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 tahun, Senin 16 Agustus 2021.

“Situasi pandemi Covid-19 tidak boleh mengurangi semangat untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai kejuangan dan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan,” tutur Bupati Busel H La Ode Arusani dalam pidatonya.

Sebagai refleksi pada usia 76 tahun Kemerdekaan RI, Arusani membeberkan sejumlah capaian keberhasilan dan prestasi dalam membangun Busel. Keberhasilan tersebut tentu tidak terlepas dari dukungan seluruh elemen masyarakat.

Capaian keberhasilan dan prestasi tersebut meliputi penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yakni mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan 3 tahun berturut-turut pada 2018, 2019 dan 2020.

“Kemudian penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM 4 tahun berturut-turut sejak 2017 hingga 2020,” tutur Arusani.

Disisi lain dalam hal pembangunan daerah, lanjut Arusani, pihaknya sedang gencar-gencarnya menghubungkan kawasan yang berpotensi sebagai pusat pertumbuhan baru diantaranya, pembangunan Dermaga Bandar Batauga, Pelabuhan Ferry Kadatua dan Siompu untuk mendekatkan mobilitas baik orang maupun produk guna pemerataan pelayanan maupun perekonomian.

Kemudian pembukaan jalan dan rekonstruksi jalan sebagai upaya peningkatan konektivitas antar wilayah. Selanjutnya, saat ini juga Pemkab Busel sedang melakukan upaya percepatan dalam hal peningkatan kelistrikan di Pulau Batu Atas, serta pembangunan RSUD sebagai upaya dalam hal menjamin pelayanan kesehatan, dimana ke depan diharapkan menjadi pusat rujukan untuk wilayah daratan Buton.

“Dan masih banyak penghargaan dan keberhasilan lainnya. Meskipun begitu, masih banyak cita-cita dan mimpi yang harus kita perjuangan sebagai anak negeri untuk memberikan arti mengisi kemerdekaan dengan berbagai peran dan tanggung jawab,” jelasnya.

Sesuai tema besar peringatan HUT RI ke-76 yakni “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, orang nomor satu di Busel ini mengajak semua elemen untuk menumbuhkan nilai-nilai ketangguhan, dan semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Sementara itu Ketua DPRD Busel La Ode Armada menambahkan, pelaksanaan rapat paripurna peringatan HUT RI ke-76 ini dilaksanakan sederhana sebagai upaya penanggulangan Covid-19. Namun tidak sedikitpun mengurangi semangat dalam memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021.

Sebagai bangsa Indonesia dan khususnya masyarakat Busel, wajib bersyukur menjadikan perayaan HUT RI ini untuk mengenang kembali jasa para pejuang pendiri bangsa, yang rela mengorbankan jiwa dan raganya dalam memproklamasikan dan mempertahankan kemerdekaan dari belenggu penjajahan bangsa asing.

“Tentunya jiwa patriotisme para pejuang bangsa dapat kita jadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk selalu berkarya dan menunjukkan prestasi terbaik dalam mengisi kemerdekaan ini, demi meraih masa depan Bangsa Indonesia dan Kabupaten Busel pada khususnya yang lebih baik,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry