Sambut 9.787 Maba, UHO Gelar Upacara Secara Sederhana

17
Rektor Universitas Halu Oleo Prof. Muhammad Zamrun Firihu saat memberikan sambutan pada upacara penyambutan Maba Tahun Ajaran 2021-2022, Senin, 6 September 2021.

Kendari, Inilahsultra.com – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar upacara penyambutan Mahasiswa Baru (Maba) Tahun Ajaran 2021-2022, Senin 6 September 2021.

Pada kegiatan hari ini, Rektor UHO Kendari Prof. Muhammad Zamrun Firihu sebagai pembina upacara, yang diselenggarakan di Gedung Sport Center UHO Kendari.

- Advertisement -

Mahasiswa yang diterima di Universitas Halu Oleo sebanyak 9.787 orang yang telah mengikuti tahap seleksi di UHO Kendari.

Dalam sambutannya, Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, penyambutan Maba UHO biasanya dilakukan di stadion mini UHO, namun karena masih pandemi pihaknya melakukan secara virtual dengan masing-masing perwakilan fakultas.

“Banyak hal yang kita pertimbangkan kita mengadakan di sini (Gedung Sport Center Uho), dan mengambil dua perwakilan dari masing-masing fakultas,” katanya.

Rektor UHO dua periode ini menerangkan, giat kali ini sama halnya dengan dengan tahun lalu. Penyambutannya dilakukan secara sederhana, karena tahun lalu juga penyambutan Maba hanya dilakukan secara daring.

Rektor Universitas Halu Oleo, Prof Muhammad Zamrun memakaikan Almamater ke Maba di Gedung Sport Center. (Foto: Iqra Yudha).

“Ditahun lalu yang seperti ini tidak ada, karena masih kencangnya Covid-19 jadi kita lakukan secara daring. Tapi Alhamdulillah hari ini kita mulai buka sedikit sehingga ada seremonial seperti ini dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Di hadapan Maba, Zamrun mengucapkan terima kasih karena telah memilih UHO Kendari sebagai tempat untuk menuntut ilmu, mengembangkan diri, dan mengeksplor semua yang ada dalam diri masing-masing.

Kemudian, ia menyampaikan kepada para Maba diharapkan wajib mematuhi peraturan-peraturan yang ada di UHO.

“Peraturan itu bukan cuman mahasiswa, itu berlaku untuk semuanya baik itu bagi para pegawai ataupun para dosen. Jadi mari kita jaga Universitas Ini, kalian sudah menjadi warga UHO dan silahkan dieksplor kampus ini biar dijaga dengan baik,” pesan Zamrun.

UHO Kendari biasanya menyelenggarakan kegiatan usai menyambut Maba pada bulan Agustus, September dan November, baik kegiatan mahasiswa, dosen, ataupun pegawai. Namun karena dalam pandemi Covid-19 pihak kampus hanya mengadakan kegiatan yang sederhana.

“Kalau misalnya tidak Covid, kita ramai dengan kegiatan, baik kegiatannya mahasiswa, dosen, atau pegawai karena di bulan 8 hingga bulan 10 masih dalam suasana merayakan hari kelahirannya, dan itu biasa disebut Dies Natalis atau biasa disebut hari kelahirannya UHO yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 1981,” imbuhnya.

Perwakilan Maba UHO Kendari mengikuti upacara penyambutan Maba di Gedung Sport Center dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selanjutnya, Zamrun menyebutkan, di UHO terdapat 15 Fakultas, 1 program Diploma, 1 program Pascasarjana, dan 111 program studi.

“Program studi ada 111, jadi awalanya pada tahun 1981 program studinya tidak sampai 20, tahun ini atau suasana hari ini sudah berkembang yang ke 5 dan 6 kalinya. Karena itu adalah usaha dari Universitas Halu Oleo, usaha dari para pendiri, untuk bisa menjawab kebutuhan masyarakat Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan Mahasiswa di Universitas Halu Oleo berasal dari sabang sampai Merauke, baik dari Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan papua. Walaupun 80 persen mahasiswa UHO berasal dari Pulau Sulawesi.

Artinya, terangnya dia UHO sudah mulai dilirik oleh lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliahnya di tekhnik informatika, fakultas kedokteran, ilmu manajemen dan lain-lainnya. Jadi semua yang ada di UHO sudah ada yang bisa menjawab semua kebutuhan masyarakat Sultra walaupun belum bisa menerima semuanya.

ia menambahkan, UHO sebagai salah satu Universitas Negeri yang akan selalu berusaha memberikan layanan sebaik-baiknya kepada seluruh mahasiswa.

“Nanti ada dosen PA (Pembimbing Akademik) yang akan selalu membimbing jika ada yang diinginkan dalam proses perkuliahan,” ucapnya.

“Jadi mari kita jaga Universitas ini dengan sebaik-baiknya, saya selaku Rektor Universitas Halu Oleo mengucapkan selamat datang dan selamat menjadi warga Universitas Halu Oleo dan menjadi Civitas Akademik Universitas Halu Oleo dan secar resmi menyambut anda semuanya,” ia menambahkan. (Adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...