Ratusan Peserta Meriahkan Pameran Bonsai di Kantor Basarnas Kendari

18

Kendari, Inilahsultra.com – Ratusan peserta pencinta Bonsai ikut meriahkan pameran dan kontes Bonsai yang diselenggarakan Kantor Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Kendari, Sabtu, 18 September 2021.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Kantor Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Kendari yang ke-22. Pameran Bonsai digelar sejak 17-19 September 2021.

- Advertisement -

Kepala Kantor Basarnas (Kakansar) Kendari, Aris Sofingi mengatakan, pameran kontes Bonsai se Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka memperingati hari jadi kantor Basarnas Kendari yang jatuh pada tanggal 9 September 2021 kemarin.

“Tujuannya, untuk mempererat silaturahmi antar penggemar Bonsai se Sultra serta membuka lapangan kerja dan usaha dalam hal budi daya, perawatan dan perdagangan Bonsai,” terang Aris Sofingi.

Senada dengan itu, Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kendari, Rizky Yudha Thama menyatakan, pameran ini merupakan momen di hari jadi Kantor Basarnas Kendari yang ke-22. Di mana seluruh pencinta Bonsai di Sultra hadir di tempat ini.

“Pameran kontes Bonsai ditargetkan hanya 180 pohon, tetapi karena antusias yang luar biasa jadi total 260 pohon,” ucap Rizky.

Kegiatan ini diikuti hampir seluruh kabupaten/kota di Sultra seperti Wakatobi, Baubau, Kolaka, Koltim, Konawe, Konawe Selatan dan Kota Kendari.

Di tempat yang sama, Juri Nasional Pancaningtyas KSB menuturkan, animo masyarakat pencinta Bonsai perkembangannya sangat bagus. Sebelumnya, kata dia, acara pertama pameran Bonsai di Kendari diikuti peserta hanya 90 pohon.

“Melihat animo hari ini dan kemarin sangat luar biasa peningkatannya. Sangat jauh lebih bagus, mulai dari sisi jumlah dan mutu Bonsai. Perkembangan seni Bonsai di Sultra jauh meningkat pesat. Saya apreasiasi untuk teman-teman PPBI Kendari,” ungkapnya.

Sementara teknik penjurian, lanjut
Pancaningtyas, penilaian Bonsai sesuai kriteria PPBI yang mengacu pada aturan nasional. Ada 4 unsur dalam penilaian, pertama pernampil, gerak dasar, keserasian dan kematangan.

“Saya berharap semakin meningkat kualitas diri untuk menambah ilmu, agar kita lebih bisa berkarya lebih baik,” bebernya.

Untuk diketahui, kelas yang diperlombakan dalam pameran Bonsai ini yakni kelas prospek diikuti 196 pohon dan kelas lanjut diikuti 64 pohon. Total jumlah pohon yang diperlombakan sebanyak 260 pohon.

Melalui momen ini, para pencinta bongsai di Sultra menampilkan karya-karya seni bonsai sebagai hasil pembinaan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kendari, mengenai seni bonsai serta persembahan karya seni dan kekayaan alam indonesia.

Reporter : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...