BNNP Sultra Berhasil Ciduk Pengedar Sabu Lintas Kendari-Kolaka

29

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil mengungkap peredaran gelap Narkotika jenis Sabu dengan Bruto 1.002,97 gram.

Kepala BNNP Sultra, Sabarudin Ginting mengatakan bahwa BNNP telah berhasil mengamankan satu orang yang diduga kuat sebagai pengedar Narkotika golongan I jenis Sabu.

- Advertisement -

“Pada hari Selasa 21 September 2021 BNNP berhasil mengamankan satu orang jenis kelamin laki-laki yang berinisial NR Alias I Alias Kingkong yang diduga kuat sebagai pengedar Narkotika Golongan I Jenis shabu dengan berat 1.002,97 gram”. ungkapnya, Rabu 22 September 2021.

Tersangka Kingkong ini merupakan seorang pekerja nelayan yang berusia 46 Tahun, dan Tim BNNP berhasil menangkapnya di kediamanya yakni Jalan Abadi Lrg. Meohai Kel. Kolakaasi Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka.

Sabarudin menjelaskan, modus yang digunakan oleh jaringan ini adalah system tempel, sesuai dengan perintah dari pengendali berinisial KU, namun yang berinisial tersebut masih dalam penyelidikan.

“Dari hasil penyelidikan kita, ini merupakan jaringan Kendari-Kolaka, dan pada saat dilakukan penangkapan dia menyatakan bahwa ini didapatkan dari seseorang yang berinisial KU yang saat ini masih dalam penyelidikan kita,” terangnya.

Selanjutnya, Barang Bukti yang ditemukan berupa 20 bungkus plastik bening yang berisikan kristal putih diduga Narkotika Golongan I Jenis Sabu dengan berat Brutto 1.002, 97 gram.

Selain itu, ditemukan juga barang bukti berupa 1 buah kantong plastik warna merah mudah bergambar Hello kity, 1 dan Unit HP Merk Samsung Duos warna putih.

Pasal yang disangkakan kepada tersangka ini adalah Pasal 114 Ayat (2) Subs Pasal 112 Ayat (2) Junto Pasal 127 Ayat (1) Huruf a Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dengan ancaman hukuman Pidana Mati, Pidana Penjara seumur Hidup, Pidana penjara paling singkat 6 (Enam) Tahun dan paling lama 20 (Dua Puluh) Tahun.

“Pasal 114 Ayat (2) yaitu Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menjadi perantara, Menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I Jenis Shabu dalam bentuk bukan tanaman Jenis Shabu beratnya melebihi 5 (Lima) Gram.

Kemudian, lanjut ia, Pasal 112 Ayat (2) Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I Bukan Tanaman Jenis Shabu beratnya melebihi 5 (Lima) Gram.

“Pasal 127 Ayat (1) Huruf a yaitu Setiap Penyalah Guna Narkotika Golongan I Bagi diri sendiri,” tuturnya.

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...