Bupati Butur Serahkan Alsintan kepada Kelompok Tani, Diharap Dapat Tingkatkan Produksi Petani

Bupati Butur Muh Ridwan Zakariah bersama Wakilnya Ahali menyerahkan secara simbolis Alsintan perontok gabah untuk 30 kelompok tani. (Istimewa)
Bacakan

Buranga, Inilahsultra.com – Bupati Buton Utara (Butur) Muh. Ridwan Zakariah, menyerahkan bantuan 30 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang bersumber dari APBN 2021 Kementerian Pertanian RI. Penyerahan bantuan didampingi oleh Wakil Bupati Ahali, Sekda Butur Muh. Hardhy Muslim, dan Kadis Pertanian Yusuf bertempat di halaman parkir Sekretariat Daerah Butur, Minggu, 26 September 2021.

Bantuan yang diberikan itu berupa Power Thresher atau mesin perontok gabah untuk 30 Ketua Kelompok Tani. Selain penyerahan Alsintan, orang nomor satu di daerah paling utara pulau Buton ini, ikut menyerahkan kartu tani secara simbolis kepada perwakilan petani di daerah tersebut.

-Advertisement-

Bupati Butur Muh Ridwan Zakariah mengatakan, bantuan alat pertanian tersebut merupakan buah dari kerja sama yang baik antara Pemda Butur dengan Kementerian Pertanian RI.

“Dengan dukungan bantuan Alsintan, merupakan bagian salah satu upaya strategis pemerintah pusat dan daerah dalam peningkatan hasil produksi petani,” katanya.

Ridwan menjelaskan, apabila ke depan data pertanian menunjukkan angka relatif maju, maka tidak menutup kemungkinan Kementerian Pertanian RI akan menyalurkan bantuan alat pertanian lainnya yang lebih besar lagi dari tahun ini.

Dikesempatan itu, politisi PAN mengimbau kepada para penerima bantuan agar Alsintan yang diperoleh dapat di jaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya, serta dimanfaatkan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan bidang pertanian di Butur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Yusuf mengungkapkan, pihaknya memiliki tanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan pangan di Butur.

Olehnya itu, dirinya berharap kepada kelompok tani penerima bantuan dapat memanfaatkan alsintan tersebut dengan baik.

“Sehingga kerja-kerja petani lebih efisien lagi, bisa mendorong peningkatan produksi dan produktivitas padi untuk menjamin kebutuhan pangan di Butur yang saat ini masih kekurangan sekitar 4 ribu ton beras pertahunnya,” tuturnya.

Editor : Rido

Facebook Comments