UHO Siap Terapkan Program MBKM dari Kemendikbud

63
Rektor Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Prof. Muhammad Zamrun Firihu.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) siap menjalankan program Merdek Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari pemerintah pusat.

-Advertisements-

Kampus Merdeka ini merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) yang bertujuan untuk menciptakan generasi terbaik Indonesia di masa depan.

Rektor UHO Kendari, Prof. Muhammad Zamrun Firihu menjelaskan, kampus merdeka merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar oleh Kemendikbud, yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat untuk terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

“Kita harus siap namanya juga bagian dari pemerintah. Maka kita harus siap sukseskan program yang dicanangkan oleh kementerian,” kata Rektor UHO Kendari, Prof. Muhammad Zamrun Firihu saat ditemui di salah satu Hotel di Kendari, Kamis 7 Oktober 2021.

Rektor UHO 2 periode ini menjelaskan, program dari kementerian itu ada delapan indikator universitas yang masuk sebagai kampus merdeka. Untuk UHO dasarnya membuat program universitas harus masuk delapan indikator tersebut.

“Saat ini sudah hampir semua indikator yang diterapkan UHO. Kita usahakan semua dikerjakan. Tidak ada yang dikurangi, karena sudah ditetapkan 8 indikator dari kementerian,” tutupnya.

Dikutip dilaman website Kemendikbud.go.id melalui buku panduan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang akan menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi terdapat 8 poin.

1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak. Indikator data yang dibutuhkan dalam IKU lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak terdiri dari pekerjaan, studi lanjut dan kewirausahaan.

2. Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Data yang dibutuhkan untuk menghitung IKU mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, terdiri dari data aktifitas pengalaman di luar kampus dan prestasi.

3. Dosen berkegiatan di luar kampus.
Pada IKU dosen berkegiatan di luar kampus, atribut data yang berhubungan terdiri dari kegiatan tridharma, praktisi, dan pembimbingan.

4 Praktisi mengajar di dalam kampus.
Pada IKU praktisi mengajar di dalam kampus, atribut data yang berhubungan terdiri dari riwayat pendidikan, sertifikasi, dan pengalaman kerja.

5. Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi
internasional. Pada IKU hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional, atribut data yang berhubungan terdiri dari karya tulis ilmiah, karya terapan, dan karya seni.

6. Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia . Pada IKU program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, atribut data yang berhubungan yaitu kemitraan.

7. Kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Pada IKU kelas yang kolaboratif dan partisipatif, atribut data yang berhubungan terdiri dari mata kuliah dan standar.

8. Program studi berstandar internasional . Pada IKU program studi berstandar internasional, atribut data yang berhubungan yaitu lembaga.

Reporter : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...