Pemkab Busel Komitmen Vaksinasi Covid-19 Capai 70 Persen

Rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, di Gedung Wisata Rujab Bupati Busel, Selasa 12 Oktober 2021.
Bacakan

Batauga, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) berkomitmen penuh, pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat mencapai target nasional 70 persen.

Komitmen tersebut diutarakan dalam rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, di Gedung Wisata Rujab Bupati Busel, Selasa 12 Oktober 2021.

-Advertisement-

Rapat koordinasi yang dibuka langsung Bupati Busel H La Ode Arusani itu dihadiri oleh Kapolres Baubau, Kapolres Buton, yang mewakili Dandim 1413 Buton serta para peserta lainnya.

Bupati Busel H La Ode Arusani menuturkan, pemerintah terus mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan menyegerakan vaksinasi sebagai salah satu langkah awal menuju tatanan kehidupan baru berdampingan dengan Covid-19.

“Ajakan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi itu adalah salah satu langkah keseriusan pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19,”

Patut disyukuri, lanjut dia, kasus Covid-19 sudah melandai dalam beberapa waktu terakhir secara nasional. Hal tersebut juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang menerapkan PPKM di setiap daerah secara nasional.

“Khusus di Busel berdasarkan data per 11 Oktober 2021, level PPKM berada di level 1 dengan status hijau,” lanjutnya.

Kendati demikian, hampir setiap orang menyangka pandemi telah terkendali sepenuhnya. Padahal ini merupakan fase paling berat, dimana harus mempersiapkan dan tetap meningkatkan langkah-langkah antisipatif dan terukur guna mempertahankan status level 1 PPKM.

“Harus ada langkah antisipatif mempertahankan status level 1 PPKM dan terkendalinya pandemi di Busel, salah satunya dengan melakukan pengetatan dan percepatan cakupan vaksinasi,” ujarnya.

Orang nomor satu di Busel itu menambahkan, capaian vaksinasi di Busel belum cukup maksimal. Olehnya, diperlukan upaya ekstra dan dukungan dari semua pihak serta kerjasama dengan seluruh komponen stakeholder, TNI/Polri, Kepala OPD, para camat, lurah, kepala desa, tenaga kesehatan, tenaga pendidik, insan pers, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh masyarakat.

“Khususnya untuk ikut serta berperan aktif dalam melakukan sosialisasi terkait vaksinasi, serta mensukseskan pelaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di seluruh lapisan masyarakat sehingga kita bisa keluar dari pandemi ini,” tandasnya.

Dalam rapat tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU penanganan kasus kekerasan perempuan dan anak serta kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Busel, antara Pemkab Busel dengan Polres Buton dan Polres Baubau.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments