UHO MoU dengan PT Tiran Grup, Prof Zamrun : Bentuk Dukungan Program Kampus Merdeka dari Mendikbud

37

Kendari, Inilahsultra.com – Untuk membekali mahasiswa tentang bagaimana dunia kerja yang profesional. Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerja sama dengan PT. Tiran Group.

Kerja sama ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman
atau Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun Firihu dan Direktur Utama PT. Tiran Group, Sattar Taba.

- Advertisement -

Penandatanganan MoU disaksikan oleh para wakil rektor, para ketua lembaga atau badan, para dekan atau direktur dalam lingkuo UHO dan berbagai perwakilan PT. Tiran Group yang hadir di gedung Rektorat UHO, Selasa 12 Oktober 2021.

Rektor UHO, Muhammad Zamrun mengatakan, kerja sama ini akan membuka peluang bagi mahasiswa untuk magang dan alumni bisa bekerja di PT. Tiran Group khususnya dalam mendukung program dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim yaitu, program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

“Diharapkan suatu saat mahasiswa kita bisa magang di perusahaan 3 sampai 4 bulan. Dalam magang ini kita juga akan disetarakan dengan 15 sampai 30 SKS mereka,” kata Muhammad Zamrun saat ditemui usai Penandatanganan MoU.

“Kerja sama ini juga bisa mendukung dan sejalan dengan program kampus merdeka belajar yang sudah digagas oleh Menteri Pak Nadiem Makarim,” sambung Zamrun.

Rektor UHO 2 periode ini mengatakan, kerja sama dengan PT. Tiran ini mahasiswa bisa magang dan dapat mengenal dan melihat langsung dunia kerja yang sebenarnya.

“Mahasiswa bisa tahu dunia luar, tidak hanya dunia kampus. Dengan wadah yang disiapkan kampus seperti ini, sangat bagus sekali untuk menambah ilmu di dunia nyata, tidak hanya melulu tentang teori,” jelasnya.

Sebagai orang nomor satu di UHO, Zamrun mengaku bahagia dan berterima kasih kepada PT. Tiran Group yang telah bersedia dengan kampus terbesar di Sutra ini.

“Mudah-mudahan dengan kerja sama ini kedepannya ada mahasiswa UHO yang di PT. Tiran. Semoga kerja sama ini bermanfaat untuk semuanya baik UHO maupun PT. Tiran,”

Selain itu, ia menambahkan, UHO itu berusaha untuk membuat kerja sama dengan berbagai pihak baik perusahaan swasta, badan usaha milik negara (BUMN) atau lembaga pemerintah dan seluruh universitas yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta, termaksud universitas luar negeri.

“Maksudnya itu, untuk menyediakan wadah bagi mahasiswa UHO dalam menyukseskan program merdeka belajar kampus merdeka,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut)
PT Tiran Group, Sattar Taba dalam sambutannya, menyampaikan salam hormat Amran Sulaimam kepada Rektor UHO Muhammad Zamrun dan seluruh masyarakat Sultra.

“Amran Sulaiman menyampaikan salam hormat kepada pak rektor dan seluruh jajarannya ketersediaan kerja sama ini. Tak lupa pula menyampaikan salam hormat kepada seluruh masyarakat Sultra,” ucapnya.

Sattar Taba mengaku, dengan adanya MoU ini PT. Tiran Group membuka diri dengan UHO untuk berkolaborasi dalam banyak hal.

“Bagi mahasiswa yang ingin menimba ilmu, insya Allah PT Tiran Group terbuka. Bahkan bukan hanya industri pertambangan tapo ada berbagai industri lainnya,” ucap Sattar Taba.

Ia mengaku, kerja sama ini bukan hanya di industri pertambangan, tapi PT. Tiran Grouo juga membuka berbagai industri mulai dari pabrik semen, pabrik gula, kelapa sawit, perkebunan tebuh, coklat dan mente.

“Ini luar biasa menyerap banyak tenaga kerja, karena bukan hanya di satu industri, tetapi semua industri yang dibawahi oleh PT Tiran Group yang ada di Sultra. Paling tidak 80 sampai 90 persen menyerah tenaga dari Sultra,” ujarnya.

Ia menabahkan, dengan hadirnya PT Tiran Group di diharapkan dapat menyerap tenaga kerja lokal dan alumni kampus di Sultra.

“Kita berharap peluang ini dapat dimanfaatkan masyarakat Sultra. Terlebih lagi alumni kampus ini orang-orang terampil, berpikir, disiplin dan bertanggung jawab,” tutupnya. (Adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...